Ma'ruf Amin Imbau Generasi Pecinta Al-Qur'an Jadi Teladan Baik
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. (Antara)

Bagikan:

ACEH - Pada Rabu, 13 April, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin membuka Pekan Tilawatil Qur’an ke-52 Radio Republik Indonesia (RRI) Tingkat Nasional di Takengon, Aceh. Dalam acara tersebut dia mengimbau generasi pecinta Al-Qur'an agar menjadi teladan yang baik di masyarakat dengan menjaga persatuan dan kesatuan.

“Generasi pecinta Al-Qur'an harus dapat memberikan kontribusi bagi bangsa dan menghadirkan teladan yang baik, bagi masyarakat sesuai dengan pesan-pesan luhur Al-Qur'an, termasuk menjaga persaudaraan dan persatuan," terang Ma'ruf Amin, Rabu, 13 April, dikutip VOI dari Antara.

Penjelasan Ma'ruf Amin Terkait Amalan Al-Qur'an

Dia menjelaskan, perbuatan buruk bisa dihindari dengan mengamalkan nilai-nilai baik yang ada di dalam Al-Qur’an secara konsisten. Nilai-nilai Al-Qur’an telah menjadi benteng pertahanan yang tertanam dalam diri masing-masing.

“Oleh sebab itu, jika sudah memahami Al-Qur’an dengan benar dan konsisten mengamalkannya, maka tidak ada lagi praktik adu domba, memproduksi dan menyebarkan berita bohong, ujaran kebencian, maupun praktik tidak baik lainnya, karena hal tersebut dilarang Al-Qur’an,” kata Wapres.

Dari sisi ilmu pengetahuan, tambah Ma'ruf Amin, di dalam Al-Qur’an juga terdapat tuntunan bagi pengembangan ilmu pengetahuan, salah satunya ilmu ekonomi.

“Al-Qur’an juga mengandung ajaran tentang prinsip-prinsip ekonomi, antara lain nilai-nilai kejujuran, pemerataan, keadilan, larangan berbuat zalim, ribawi, mengambil hak orang lain secara tidak sah, dan lain-lain,” papar Wapres.

Harapan Ma'ruf Amin terhadap PTQ RRI ke-52 Tahun 2022

Menutup sambutannya, Wapres berharap agar kegiatan PTQ RRI ke-52 Tahun 2022 dapat menjadi penyemangat bagi seluruh umat muslim untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai luhur Al-Qur’an.

Sehingga, seluruh perubahan dan tantangan zaman dapat dihadapi dengan baik dengan benteng yang kuat, demikian Ma'ruf Amin.

Artikel ini telah tayang dengan judul Buka Pekan Tilawatil di Aceh, Wapres Bilang Pecinta Al Quran Harus Menjaga Persatuan.

Selain imbauan Ma'ruf Amin, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.