Beberapa Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah saat Puasa
Ilustrasi Bibir Kering dan Pecah-pecah saat Puasa (Azat Ajphotos/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Saat menjalani puasa, bibir kering dan pecah-pecah adalah salah satu masalah kulit yang mudah terjadi. Ini karena bibir tidak punya kelenjar minyak dan kelenjar keringat untuk membuatnya tetap lembap. Selain itu, kulit bibir 15 kali lebih tipis dibandingkan kulit tubuh yang lain. Namun, Anda tak perlu khawatir sebab ada cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. 

Dikutip VOI dari Mayo Clinic, setidaknya terdapat enam hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat berpuasa.

Ragam Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Jangan menjilat bibir

Air liur bisa menguap secara cepat sehingga membuat bibir Anda lebih kering dari sebelum menjilatnya. Jadi, sebaiknya hentikan kebiasaan menjilat bibir saat kulit terasa kering.

Minum banyak air

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah sealam berpuasa adalah minum banyak air saat sahur dan buka puasa. Jangan minum saat tengah hari jika tak ingin puasa Ramadan Anda batal!

Untuk tetap terhidrasi, Anda perlu minum setidaknya dua liter air per hari. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, masalah kulit kering seperti bibir pecah-pecah akan mudah teratasi. 

Konsumsi banyak buah

Selain minum air, Anda juga bisa mengganti cairan tubuh yang hilang dengan konsumsi buah-buahan dengan kandungan air tinggi. Buah seperti semangka, melon, jeruk, nana, dan stroberi sangat baik untuk menghidrasi kulit. Selain itu, rangkaian vitamin yang terdapat dalam buah juga mampu mengobati bibir kering dan pecah-pecah selama berpuas lebih cepat.

Scrub bibir

Bibir kering dan pecah-pecah bisa dihilangkan dengan rutin mengaplikasikan scrub bibir. Gunakan scrub dari bahan lembut yang bisa Anda buat sendiri dengan bahan yang mudah ditemui seperti madu dan gula pasir.

Anda bisa membuat scrub dengan mencampurkan madu, minyak kelapa, dan gula mentah dalam perbandingan yang sama, lalu oleskan campuran tersebut dengan lembut ke bibir. Ada juga berbagai formula pengelupasan di pasaran yang bisa Anda coba.

Gunakan Pelembab bibir

Gunakan pelembab agar bibir Anda tidak semakin kering. Produk yang mengandung beeswax atau petroleum berfungsi menahan kelembapan. Oleskan produk pelembab bibir di malam hari sebelum Anda tidur. Produk seperti minyak kelapa, cocoa butter, petroleum jelly, dan madu bisa jadi  pilihan yang baik.

Gunakan humidifier di rumah

Udara kering dapat membuat kulit semakin kering, begitu pula dengan bibir. Pertimbangkan untuk memasang humidifier ke dalam ruangan Anda selama bulan suci untuk menambahkan kelembapan yang sangat dibutuhkan ke udara.

Artikel ini telah tayang dengan judul Puasa Bikin Bibir Kering dan Pecah-pecah, Begini 6 Cara Mengatasinya.

Selain cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.