Penyebab Kebakaran Mal Suzuya Banda Aceh Diserahkan kepada Polisi
Petugas berupaya memadamkan api yang melalap Suzuya Mall Banda Aceh, Senin (4/4/2022). (ANTARA/Khalis)

Bagikan:

ACEH - Pada Senin, 4 April, sekitar pukul 11.30 WIB terjadi kebakaran Suzuya Mal Banda Aceh, Aceh. Namun, penyebab kebakaran belum diketahui. 

Petugas pemadam kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banda Aceh berseta instansi terkait berupaya keras memadamkan api. Mobil pemadam kebakaran melakukan pemadaman secara bergantian.

Sempat Terdengar Dentuman saat Kebakaran Suzuya Mal Banda Aceh 

Menurut keterangan Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Pemadam Kebakaran DPKP Banda Aceh, Yudi, saat pertama kali terjadi kebakaran, sumber api seharusnya bisa dipadamkan dengan alat pemadaman api ringan (APAR) agar tidak menjadi kebakaran yang besar. 

"Suzuya memiliki proteksi kebakaran, saat kami datang api sudah membesar," terang Yudi di Banda Aceh, dikutip VOI dari Antara.

Proses pemadaman api berlangsung selama lebih dari 2 jam. Yudi mengatakan, api pertama muncul dari bagian gudang Suzuya Mal yang menjadi tempat penyimpanan segala kebutuhan pusat perbelanjaan tersebut, seperti pakaian, bahan kue, dan peralatan yang lain. Dari tempat tersebut bahkan sempat terdengar dentuman.

Menurutnya, suara itu berasal dari peralatan, seperti obat semprot serangga dan minyak wangi, bukan dari suara gas. Setelah api padam, selang beberapa detik menyala lagi. Jadi, terangnya, api menyala kemudian padam, nyala lagi, karena di belakang terdapat poruk-produk pamper, kain, dan bahan-bahan yang mudah terbakar lainnya.

Selain itu, akses untuk memadamkan titik api juga sulit, karena waktu mobil pemadam kebakaran tiba api sudah membesar.

Penyebab Kebakaran Diserahkan Polisi

BPBD, TNI, Polres, dibantu masyarakat juga sudah mengeluarkan 11 tabung elpiji seberat 40,11 kg. Sepuluh unit mobil pemadam kebakaran dari Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, bolak-balik untuk memadamkan api.

Ada 25 orang personel dari pemadam kebakaran yang dikerahkan untuk memadamkan api, serta lima orang pejabat struktural dari Kota Banda Aceh dan sekitar 20 orang personel dari Aceh Besar.

Menyinggung penyebab kebakaran, DPKP Banda Aceh belum mengetahui dan menyerahkan ke penyidik kepolisian.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pusat Perbelanjaan Suzuya Mal Banda Aceh Terbakar.

Selain kebakaran Suzuya Mal Banda Aceh, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.