Ma'ruf Amin Jelaskan Cara Pemerintah Tangani Kemiskinan
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (Foto: Antara)

Bagikan:

ACEH - Beberapa waktu lalu Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan bahwa cara yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi kemiskinan di Tanah Air ada dua. Cara pertama adalah perlindungan sosial melalui bantuan sosial.

Cara kedua adalah pemberdayaan masyarakat. Maksudnya, ada program yang melibatkan masyarakat dalam pengambilan keputusan pembangunan di tingkat masyarakat sehingga masyarakat tidak sekadar menerima bantuan.

“Masalah kemiskinan itu didekati melalui dua hal, pertama yaitu perlindungan sosial atau bantuan sosial dan yang kedua itu adalah pemberdayaan masyarakat,” terang Ma'ruf Amin, Senin, 21 Maret, dikutip VOI.

Penjelasan Ma'ruf Amin terkait Upaya Penanganan Kemiskinan

Dia menjelaskan, saat ini pemerintah tengah melakukan cara perlindungan sosial secara intensif karena pendemi COVID-19. Program perlindungan sosial yang dimaksud merupakan bagian dari upaya membantu masyarakat terdampak pandemi.

“Kita menjaga supaya masalah kemiskinan, masalah sosial itu tidak terlalu jatuh, maka harus kita siapkan melalui upaya-upaya perlindungan sosial,” terangnya.

Ma'ruf Amin mengatakan, saat ini pemerintah sedang mengoptimalkan pemulihan ekonomi nasional. Oleh sebab itu, pemerintah terus mengupayakan koordinasi antara kementerian/lembaga terkait agar bantuan sosial bisa tepat sasaran.

“Kita sekarang mengoordinasikan semua program yang ada, kita melakukan konvergensi agar sasaran-sasaran itu memang sesuai dengan yang di daerah,” papar Wakil Presiden.

Upaya Membangkitkan UMKM

Selain itu, dia menekankan upaya pemulihan ekonomi yang juga dilakukan adalah dorongan untuk membangkitkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berupa bantuan-bantuan.

“UMKM kita dorong melalui adanya bantuan-bantuan, keringanan pajak, maupun bantuan sosial untuk pengusaha kecil, semua kita dorong dan sekarang sedang dalam recovery,” imbuhnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Wapres Sebut Pemerintah Pakai Dua Cara Ini Atasi Masalah Kemiskinan.

Selain penjelasan Ma'ruf Amin, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.

Terkait