Dampak Perang Rusia-Ukraina Perlu Diwaspadai Indonesia
Meutya Hafid/Foto: Antara

Bagikan:

ACEH - Belum lama ini Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid, meminta Indonesia warpada dengan dampak perang Rusia-Ukraina. Kewaspadaan tersebut terutama terkait dampak geopolitik, geoekonomi, dan geostrategi.

Menurut Meutya, perubahan geopolitik global perlu diwaspadai sebagai akibat dari struktur keamanan regional yang berubah, selain benturan kepentingan antarnegara dan perebutan akses energi. Dia menjelaskan, dampak tersebut tidak hanya berpengaruh pada sektor ekonomi, tetapi juga sektor pangan.

"Kami sebagai Komisi I DPR meminta pemerintah Indonesia waspada terhadap dampak geopolitik, geoekonomi, dan geostrategi perang Rusia Ukraina," terang Meutya, Jumat, 11 Maret, dikutip VOI

Dampak Perang Rusia-Ukraina Masih Skala Regional

Dia mengatakan, sejauh ini dampak langsung dari perang Rusia-Ukraina masih skala regional. Namun, bukan tidak mungkin akan berdampak pada ekonomi Indonesia dalam jangka panjang.

"Harapan pemulihan ekonomi Indonesia akibat pandemi tentu akan makin jauh akibat perang Rusia-Ukraina,” kata Meutya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menggambarkan situasi dunia yang saat ini menghadapi situasi sulit. Negara-negara dunia bertubi-tubi dihadapkan pada kejadian yang tanpa diduga membuat pengelolaan keuangan negara terganggu.

"Betapa tidak gampangnya mengelola APBN, mengelola keuangan dalam situasi yang sangat extraordinary ini dan kita tahu bahwa dunia sekarang ini pada situasi yang tidak mudah, situasi yang tidak gampang, semua negara merasakan bukan hanya negara kita. Sulit, sangat sulit," kata Jokowi dalam Sidang Terbuka Senat Akademik Dies Natalis ke-46 UNS, Jumat, 11 Maret. 

Berbagai Tantangan Dunia

Jokowi menjelaskan mulai dari adanya disrupsi dan revolusi industri 4.0, pandemi COVID-19, hingga perang Rusia ke Ukraina membuat negara di dunia tergagap-gagap menghadapinya.

"Kita dihadapkan sebelumnya pada disrupsi kronis akibat revolusi industri 4.0 dan semua negara tergagap-gagap, dihantam lagi oleh disrupsi akut karena pandemi yang tidak kita duga-duga, tambah pusing kita semuanya, semua negara tambah pusing," tuturnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul DPR Minta Indonesia Waspada Dampak Perang Rusia vs Ukraina.

Selain dampak perang Rusia-Ukraina, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.