Berita Aceh Terbaru: Kasus COVID-19 di Aceh Bertambah
Ilustrasi/Foto: PIXABAY

Bagikan:

ACEH - Kasus COVID-19 di Aceh mengalami peningkatan. Per Rabu, 9 Maret, sebanyak 202 warga Aceh dilaporkan terpapar COVID-19 sehingga pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri mencapai 2.134 orang. Hal tersebut disampaikan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Pemerintah Aceh.

“Pidie paling banyak melaporkan penambahan kasus harian baru, mencapai 35 orang,” terang Jubir Satgas COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, di Banda Aceh, Rabu 9 Maret, dikutip VOI.

Data Kasus COVID-19 di Aceh Terbaru

Daerah lain yang mengalami peningkatan kasus adalah Banda Aceh, yaitu sebanyak 30 orang; kemudian Aceh Besar sebanyak 21 orang; Lhokseumawe, Simeulue, dan Aceh Barat masing-masing 11 orang; Aceh Timur dan Sabang sebanyak 10 orang; Aceh Utara dan Bener Meriah 9 orang.

Selanjutnya, kasus COVID-19 juga ditemukan di Langsa, Aceh Singkil, dan Aceh Tengah sebanyak 8 orang; Pidie Jaya, Subulussalam, dan Bireuen 4 orang; Nagan Raya dan Aceh Tamiang 3 orang; serta Aceh Barat Daya, Gayo Lues, dan Aceh Jaya, masing-masing 1 orang.

Meski demikian, jumlah pasien sembuh juga mengalami peningkatan, yaitu 121 orang per Rabu kemarin. Jumlah tersebut meliputi warga Banda Aceh 48 orang, Simeulue 29 orang, Pidie 16 orang, Aceh Tamiang 15 orang, Aceh Tengah 5 orang, dan masing-masing 2 orang adalah warga Aceh Singkil, Bireuen, Aceh Barat Daya dan Sabang.

“Penderita COVID-19 yang meninggal dunia dalam 24 jam terakhir ini sebanyak enam orang, yakni warga Aceh Tamiang dua orang dan masing-masing satu orang warga Langsa, Sabang, Aceh Singkil dan Simeulue,” kata Saifullah.

Dia menilai, pasien baru COVID-19 meningkat di Aceh sejak awal 2022. Hingga saat ini, peningkatan terus terjadi karena longgar penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

“Di tempat-tempat umum terlihat banyak yang tidak memakai masker dan menjaga jarak,” katanya.

Vaksinasi COVID-19 di Aceh Rendah

Selain itu, lanjut Saifullah, cakupan vaksinasi dosis kedua di Aceh juga masih rendah, yakni 51,5 persen dari total target vaksinasi COVID-19 Pemerintah Aceh mencapai 4,6 juta jiwa.

Hingga kini, secara akumulasi kasus COVID-19 di Aceh telah mencapai 41.920 orang, di antaranya pasien sembuh sebanyak 37.670 orang, kasus meninggal dunia 2.116 orang, serta pasien dalam perawatan atau isolasi mandiri 2.134 orang.

"Kita doakan penderita COVID-19 yang sedang menjalani perawatan segera sembuh, dan tak ada lagi korban infeksi virus corona yang meninggal dunia," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Dalam Sehari 202 Warga Aceh Terpapar COVID-19.

Selain kasus COVID-19 di Aceh, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.