Pengertian Self Compassion dan Cara Melakukannya
Ilustrasi (Amanda Jones/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Penerimaan terhadap kekurangan diri sendiri bukan hal yang mudah. Tak sedikit manusia yang berusaha dengan keras dalam melakupan berbagai hal demi mendapatkan penerimaan dari orang lain atau sosial. Ini sering membuat manusia lupa dengan hal yang lebih penting, yaitu penerimaan oleh diri sendiri. Memahami pengertian self compassion akan menjadi langkah awal yang baik untuk bisa menerima kekurangan diri sendiri. 

Manusia perlu self compassion, yaitu cara menerima dan bersikap baik terhadap diri secara tulus. Lebih jauh, kita perlu sadar bahwa manusia jauh dari kata sempurna sehingga kita bisa menerima ketidaksempurnaan yang ada dalam diri kita.

Cara Melakukan Self Compassion

Untuk mencapai hal tersebut, kita harus mampu memahami setiap emosi diri sebaik mungkin, seperti ketakutan, kecemasan, kesedihan, kebahagiaan, sakit hati, dan kemarahan. Perasaan bisa menjadi salah satu tantangan terbesar bagi hidup kita.

Otak sering memaksa kita memikirkan hal-hal di luar kendali kita. Kita jadi terbiasa memikirkan berbagai kemungkinan buruk dan hal-hal negatif yang bahkan belum tentu terjadi.

Self compassion adalah salah satu solusi terbaik untuk melawan segala pikiran negatif yang ada di dalam diri. Kita bisa mulai melakukan self compassion dengan memperlakukan diri sendiri layaknya seorang teman, menjadi pengamat yang baik dan mengubah sudut pandang jika sedang dilanda masalah.

Kita juga bisa melakukan kegiatan menulis untuk membuang semua hal-hal negatif yang menganggu pikiran. Menulis merupakan salah satu metode terbaik untuk menyalurkan emosi diri.

Selain itu, kita juga harus mulai membiasakan diri untuk memberikan afirmasi positif dengan cara membicarakan hal yang baik terhadap diri sendiri. Kita juga harus menyadari bahwa memerhatikan dan mementingkan diri sendiri merupakan tugas utama kita. Jangan memaksakan diri terlalu keras.

Self Compassion bagi Kesehatan Mental

Menerapkan self compassion akan membantu membawa dampak yang baik untuk kesehatan mental. Berdasarkan Journal of Personality Research, orang yang menerapkan teknik self compassion cenderung berisiko lebih kecil untuk depresi. Hal ini dikarenakan ketika menerapkan self compassion, kita dapat melihat berbagai hal secara luas dan tidak terikat pada satu sudut pandang saja.

Melakukan latihan self compassion juga dapat meningkatkan perasaan tenang dan aman ketika kita dihadapkan pada suatu masalah. Self compassion dapat memberikan efek positif pada peningkatan fungsi mental dan meningkatkan perasaan self love serta memperbaiki kualitas hidup kita.