Penundaan Pemilu 2024 Ditolak Enam Parpol, Ini Pandangan Pengamat
Ilustrasi (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

ACEH - Sebanyak enam partai politik (parpol) menolak penundaan Pemilu 2024 yang diusulkan oleh Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. Parpol penolak penundaan pesta politik ini adalah PDIP, Gerindra, NasDem, PPP, Demokrat, dan PKS. Parpol yang mendukung wacana tersebut adalah PAN dan Golkar.

Menurut pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, penolakan oleh enam parpol menjadi penenang atas kegaduhan wacana penundaan pemilu. Terlebih lagi, DPD RI juga menyatakan ketidaksetujuannya.

"Ini tentu melegakan. Kekuatan partai tersebut ditambah DPD akan membuat ciut PKB, PAN dan Golkar," terang Jamiluddin di Jakarta, dikutip VOI pada Jumat, 4 Maret.

Upaya Menunda Pemilu 2024

Meski demikian, terang Jamiluddin, pihak sponsor akan terus menggalang suara dari berbagai elemen masyarakat terkait penundaan Pemilu. Menurutnya, hal tersebut yang akan digunakan untuk menekan MPR agar melakukan amandemen UUD 1945.

"Mereka ini tentulah para elite negeri yang ingin lebih lama berkuasa. Bagi mereka, menunda Pemilu berarti memperlama mengumpulkan pundi-pundi ekonomi," katanya.

"Karena itu, kelompok elite bersama para oligarki akan terus menggelorakan penundaan Pemilu," sambungnya.

Upaya Menolak Penundaan Pemilu 2024

Jamiluddin menilai, pembentukan pendapat umum akan dilakukan secara intensif sampai nantinya MPR RI tidak punya daya lagi untuk menolaknya. Untuk mencegah hal itu, kata dia, semua elemen masyarakat yang pro-demokrasi dan konstitusi harus bersama-sama menolak penundaan Pemilu.

"Elemen masyarakat ini akan menguatkan partai politik dan DPD yang sudah dari awal menolak penundaan Pemilu," katanya.

Jamiluddin mengatakan, kekuatan masyarakat yang pro-demokrasi dan konstitusi bersama lima partai politik dan DPD akan menjadi kekuatan untuk menghentikan keinginan para elite dan para oligarki menunda Pemilu 2024.

"Mereka ini harus dilawan dengan cara apa pun demi tegaknya demokrasi di tanah air," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Penolakan Penundaan Pemilu 2024 dari Enam Parpol, Pengamat: Ini Tentu Melegakan.

Selain penolakan penundaan Pemilu 2024, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.