Pemberian Probiotik untuk Anak Adalah Hal Penting, Ini Sebabnya
Ilustrasi (Julian Hochgesan/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Menjaga kesehatan usus tak ubahnya dengan menjaga kesehatan mikrobioma yang ada di usus. Mikrobioma usus terdiri dari bakteri kompleks yang memiliki tugas mendukung kekebalan, membantu metabolisme energi dari nutrisi makan, dan memainkan peran utama dalam menentukan perilaku dan suasana hati. Besarnya peran kesehatan pencernaan, pemberian probiotik untuk anak adalah hal yang perlu dilakukan. 

Memberi probiotik dalam usus adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan usus. Dikutip VOI dari Mind Body Green, berikut tiga alasan kenapa orang tua perlu memberikan probiotik untuk anak.

Alasan Pentingnya Probiotik untuk Anak

1. Memperkuat mikrobioma usus

Dengan memelihara mikrobioma usus anak sejak dini artinya Anda sudah membantu menyiapkan kesehatan pencernaan anak yang lebih kuat seumur hidup. Studi yang meneliti mikrobioma usus selama masa kanak-kanak awal dan akhir menunjukkan bahwa mikrobioma  mudah dipengaruhi oleh diet, obat-obatan, dan lingkungan. 

Jika Anda berpikir kebutuhan kesehatan usus anak berbeda dari orang dewasa, anggapan ini salah besar. Penelitian telah menunjukkan bahwa mikrobioma usus anak usia 3 tahun sama dengan orang dewasa. Ini artinya, pemberian probiotik bisa dilakukan lebih dini pada anak.

2. Kesehatan mulut anak terjaga

Meskipun Anda cenderung mengasosiasikan probiotik dengan kesehatan usus, penting untuk diketahui bahwa probiotik sebenarnya bermanfaat bagi seluruh tubuh, salah satunya kesehatan mulut.  Menjaga kesehatan mulut dan pernapasan anak-anak bukanlah hal yang mudah, tetapi probiotik adalah salah satu pendekatan yang ditargetkan untuk mendukung kesehatan saluran pernapasan.

3. Membantu mendukung sistem kekebalan tubuh

Pemberian probiotik pada anak bisa bantu jaga sistem kekebalan tubuh mereka. Pilihlah produk probiotik yang juga mengandung kolostrum dan prebiotik guna mendukung fungsi kesehatan usus dan pertumbuhan. Baik probiotik, kolostrum, maupun prebiotik, sangat berguna untuk menjaga kekebalan dan kesehatan tubuh anak.