Keefektifan Yoghurt untuk Menurunkan Berat Badan
Ilustrasi minum yoghurt untuk menurunkan berat badan (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Salah satu cara adalah mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Yoghurt termasuk satu jenis hidangan yang dipercaya bisa menurunkan berat barat. Seberapa efektif yoghurt untuk menurunkan berat badan?

Yoghurt merupakan hasil fermentasi susu menggunakan kultur bakteri Lactobacills bulgaricus dan Streptococcus thermphilus. Dikutip VOI dari Verywell Health, gula yang ada di dalam susu yang difermentasi dipecah menjadi asam laktat oleh bakteri. Inilah yang menyebabkan yoghurt terasa asam.

Kandungan di Dalam Yoghurt

Dalam 100 gram yoghurt, terkandung 63 kalori dengan lemak sebanyak 1,55 gram, protein 5,25 gram, karbohidrat 7,04 gram, gula 7,04 gram, dan kalsium 183 miligram. Kandungan lain yang ada di dalam yoghurt adalah magnesium, fosfor, kalium, seng, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin D.

Berdasarkan studi observasional, diketahui bahwa orang yang mengonsumsi yoghurt cenderung punya indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah, berat badan yang lebih rendah, penambahan berat badan yang lebih sedikit, lingkar pinggang yang lebih kecil, dan lemak tubuh yang lebih rendah. Diperkirakan, hal terebut tak terlepas dari adanya probiotik yang berperan penting terhadap kesehatan pencernaan. Probiotik juga dihubungkan dengan penurunan berat badan dengan pada berbagai penelitian.

Tinjauan yang terbit di Nutrients menjelaskan bahwa probiotik mampu membantu menurunkan berat badan. Probiotik yang bisa menyeimbangkan dan menyediakan bakteri baik bagi usus bermanfaat untuk menurunan resistensi insulin serta meningkatkan rasa kenyang.

Stephanie Nelson, kepala ahli nutrisi di MyFitnessPal, menerangkan, jika Anda bosan dengan cara menurunkan berat badan yang biasa, bisa memilih alternatif untuk mengombinasikan kandungan protein, karbohidrat, lemak, serat, dan gula berdasarkan produk yoghurt yang Anda konsumsi.

Dalam penelitian lain, yaitu yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity, diketahui bahwa orang dewasa gemuk yang makan tiga porsi yoghurt bebas lemak dalam sehari berpotensi kehilangan 22 persen lebih banyak berat badan dibandingkan orang-orang yang hanya mengurangi kalori dan tidak mengonsumsi kalsium.

Manfaat Lain Yoghurt selain Menurunkan Berat Badan

Michael Zemel, profesor nutrisi dari University of Tennessee, dilansir WebMD, menyatakan bahwa yoghurt tak hanya membantu partisipan dalam penelitian untuk menurunkan berat badan. Selain berat badan turun 14 pon, partisipan juga mempertahanan massa otot tanpa lemak. Artinya, menurunkan berat badan perlu meluruhkan lemak tanpa menurunkan massa otot yang membantu membakar kalori.

Tetapi karena tidak semua yoghurt dibuat dalam takaran kandungan yang sama, maka bacalah label dengan seksama. Periksa komposisi dan besaran kandungan yang baik. Pilih kandungan gula paling rendah. Menurut data USDA, yoghurt baik untuk disimpan hingga dua minggu di lemari pendingin atau dua bulan dalam freezer.

Artikel ini telah tayang dengan judul Apakah Minum Yoghurt Bisa Menurunkan Berat Badan? Begini Penjelasan Lengkapnya.

Selain pengaruh yoghurt untuk berat badan, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.