Ganjar Pranowo Ada di Nomor Dua Favorit Calon Presiden, Ini Sikap PDIP
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Foto: Antara)

Bagikan:

ACEH - Berdasarkan hasil survei terbaru Litbang Kompas, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, ada di peringkat kedua. Dia berada di bawah Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. Meski demikian, Ganjar tetap menjadi salah satu idaman calon presiden dalam pilpres 2024.

Sikap PDIP Terkait Elektabilitas Ganjar Pranowo

Terkait hal tersebut, politikus senior PDIP, Hendrawan Supratikno, menjelaskan bahwa hasil survei tersebut menjadi catatan bagi partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri itu.

"Semua hasil survei dari lebih yang kredibel pasti kami catat," terang Hendrawan saat dihubungi VOI, Rabu, 23 Februari.

Meski demikian, dia mengatakan bahwa hasil survei Litbang Kompas bukan satu-satunya acuan. Hal tersebut disampaikan terkait kemungkinan PDIP akan mempertimbangkan pengusungan Ganjar. 

"Apakah survei satu-satunya yang dipertimbangkan? Jelas tidak," katanya.

Elektabilitas Beberapa Tokoh

Sebelumnya, Litbang Kompas merilis hasil survei terbaru elektabilitas tokoh bakal calon presiden 2024. Hasilnya, elektabilitas Prabowo naik dua kali lipat menjadi 26,5 persen, diikuti Ganjar Pranowo dengan 20,5 persen. Di bawah keduanya ada nama Anies Baswedan di angka 14,2 persen.

Selanjutnya, Sandiaga Uno dengan 4,9 persen, Agus Harimurti Yudhoyono dengan 3,7 persen, Basuki Tjahaja Purnama dengan 2,9 persen, Ridwan Kamil dengan 2,6 persen, Tri Rismaharini dengan 2,6 persen, dan Andika Perkasa dengan 2 persen.

Kemudian, Gatot Nurmantyo dengan 1,4 persen, Erick Thohir dengan 1,1 persen, Mahfud MD dengan 1,1 persen, Puan Maharani dengan 0,6 persen. Sementara, lainnya berjumlah 4,1 persen dan tidak ada/tidak tahu/rahasia berjumlah 11,8 persen.

Survei Litbang Kompas digelar dari 17-30 Januari 2022 dengan melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi.

Responden ditanya melalui wawancara tatap muka. Menggunakan metode tersebut, tingkat kepercayaan survei ini 95 persen dengan margin of error plus-minus 2,8 persen.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ganjar Masih Jadi Capres Idaman Meski Nomor 2, PDIP: Kami Catat!

Selain elektabilitas Ganjar Pranowo, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.