PPP Puji Sikap Politik Ganjar Pranowo yang Akhirnya Siap Maju di Pilpres: Langkah Maju!
Ganjar Pranowo (Foto via Pemprov Jateng)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyambut baik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menyatakan siap jika diminta maju menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek menilai, sikap tersebut merupakan langkah maju dari sikap politik Ganjar Pranowo, yang juga kader PDIP itu.

"Itu langkah maju dari (sikap) politik Pak Ganjar Pranowo," ujar Awiek saat dihubungi, Rabu, 19 Oktober.

Anggota DPR itu mengakui nama Ganjar Pranowo masuk dalam bursa capres yang akan diusung PPP. Sebagaimana banyaknya usulan dari sejumlah Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP.

Hanya saja, kata Awiek, keputusan terkait nama capres akan diambil melalui mekanisme Mukernas. Setelah penetapan di forum tersebut, nama capres juga akan dikomunikasikan ke parpol anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Kami belum memutuskan sikap apapun, meskipun kita akui bahwa sebagian dari DPW mengusulkan nama Pak Ganjar sebagai calon presiden," kata Awiek.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku siap bergerak untuk bangsa dan negara. Hal ini disampaikan saat Ganjar ditanya perihal kesiapan menjadi calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Kalau untuk bangsa dan negara apa sih yang kita tidak siap," kata Ganjar dalam wawancara yang dikutip, Selasa, 18 Oktober malam.

Ganjar mengatakan dirinya menghormati tiap proses politik di dalam partai sebagai kader PDIP. Dia menyerahkan sepenuhnya keputusan dalam proses tersebut.

Dia meyakini partai tentunya memutuskan setiap hal yang terbaik. Dialog juga pasti akan dilakukan sebelum pengambilan keputusan.

"Ketika partai kemudian sudah membahas secara keseluruhan dan dia akan mencari anak-anak bangsa yang menurut mereka terbaik, menurut saya, semua orang mesti siap akan hal itu," tegasnya.

"Maka kenapa di awal sebagai elite politik kami sangat menghormati, satu PDIP sebagai partai saya, kedua relasi yang dibangun oleh partai-partai yang sekarang sedang berbincang," sambung Ganjar.