Jalan Longsor di Nagan Raya Mulai Ditangani
Satu unit alat berat dikerahkan untuk mengatasi longsor badan jaan di lintasan Meulaboh-Takengon (Foto Via Antara)

Bagikan:

ACEH - Beberapa waktu lalu Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Kementerian PUPR) mulai menangani jalan longsor pada bagian badan jalan di kawasan hutan lindung Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya, Aceh. Jalan di wilayah tersebut longsor sejak Minggu, 20 Februari.

"Alhamdulillah longsor badan jalan ini sudah mulai dilakukan penanganan perbaikan oleh pihak rekanan,” terang Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya, Said Nazaruddin, di Suka Makmue, Selasa, 22 Februari, dikutip VOI dari Antara.

Penyebab Jalan Longsor di Nagan Raya

Dia mengatakan, longsor badan jalan terjadi antara 20 hingga 30 meter. Diduga, penyebabnya adalah struktur tanah yang labil sehingga terjadi longsor tebing gunung.

Menurut Said, cepatnya penanganan longsor di ruas jalan lintas tengah Aceh itu karena lokasi masuk ke dalam proyek peningkatan ruas jalan yang dilaksanakan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Aceh.

Penanganan dilakukan agar pengguna jalan tidak terganggu dan demi menciptakan kenyamanan bagi masyarakat. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, karena kekhawatiran masyarakat sudah teratasi,” katanya.

Masyarakat Diimbau Berhati-hati

Meski sudah mulai dilakukan perbaikan, BPBD Nagan Raya mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati karena ruas jalan tersebut masih berada dalam tahap perbaikan.

“Memang kawasan Gunung Singgah Mata ini rawan longsor, kami minta masyarakat agar selalu waspada khususnya saat dilanda hujan lebat,” tuturnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pemerintah Tangani Jalan Longsor di Beutong Ateuh Nagan Raya Aceh.

Selain jalan longsor di Nagan Raya, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.