Pernyataan Soal Wayang Jadi Sorotan, Ustaz Khalid Basalah Minta Maaf
Sujiwo Tejo (tangkapan layar)

Bagikan:

ACEH - Beberapa waktu lalu Ustaz Khalid Basalah mengklarifikasi pernyataannya yang menyebut wayang harus dimusnahkan sebab tidak sesuai dengan ajaran Islam. Dia mengatakan, pembahasan tersebut ada di dalam lingkup taklim yang dia ikuti. 

"Saya sama sekali tidak berpikir atau pun punya niat untuk menghapuskan ini dari sejarah nenek moyang Indonesia atau misalnya menyuruh seluruh dalang-dalang bertobatlah kepada Allah ya, atau misalnya semua wayang harus dimusnahkan. Anda mau melakukannya, itu hak Anda. Kami sedang ditanya, mohon maaf, lingkup taklim kami," kata Ustaz Khalid, dikutip VOI.

Ustaz Khalid Basalah Minta Maaf Soal Pernyataan tentang Wayang

Terlepas dari hal tersebut, dia tetap meminta maaf jika pernyataan terkait wayang itu menyinggung pihak tertentu, terutama orang-orang yang menggemari wayang.

“Saya Khalid Basalamah mengucapkan permohonan yang sebesar-besarnya dari hati nurani kami kepada seluruh pihak tidak terkecuali kepada semua yang terganggu, tersinggung dengan jawaban kami tersebut,” ungkap Ustaz.

Pernyataan Ustaz Khalid soal wayang mendapat respons yang beragam dari masyarakat dan praktisi budaya. Sujiwo Tejo, pihak yang banyak dimintai keterangan, juga angkat suara melalui media sosial.

Komentar Sujiwo Tejo dan Gus Miftah

Komentar Tejo tidak menjurus secara langsung. Dia menekankan pada pemberian tanggapan terkait tingkat keagamaan. Ia juga memberi pesan agar semua orang bisa menghapus bayangan sendiri sebelum menghapus wayang.

"Sebab beragama juga ada semester-semesternya. Orang-orang yang beragamanya semester-semester doktoral, sebaiknya tak menanggapi orang-orang yang beragamanya semester TPB (tingkat pertama bersama)," ungkap Sujiwo Tejo.

Sementara, Gus Miftah punya cara berbeda untuk merespons ceramah Ustaz Khalid Basalamah.

Melalui Instagram-nya, Gus Miftah mengajak masyarakat untuk menonton wayang. Ia juga menyertakan video wayang yang sedang dimainkan almarhum Ki Seno Nugroho di mana ia berpesan bahwa semua agama mengajarkan kebaikan dan bersyukur.

“Katanya ada yang menganggap wayang haram dan minta wayang dimusnahkan, nanggap wayang yuk,” kata Gus Miftah.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ustaz Khalid Basalamah Minta Maaf Sebut Wayang harus Dihilangkan, Sujiwo Tedjo dan Gus Miftah Beri Tanggapi.

Selain persoalan wayang, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.