Rayakan Ulang Tahun Kota Takengon, Dewan Adat Gayo Gelar Pameran Peninggalan Kerajaan Linge
Dok. Pameran benda benda peninggalan kerajaan Linge (ANTARA/Kurnia Muhadi)

Bagikan:

ACEH - Dalam rangka peringatan HUT ke-445 Kota Takengon, Aceh, Dewan Adat Gayo akan menggelar pameran benda-benda pusaka bersejarah peninggalan Kerajaan Linge.

Menurut keterangan Ketua Dewan Adat Gayo, Tagore Abubakar, kegiatan tersebut akan berlangsung pada 19--26 Februari 2022 di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meletakkan dasar pengakuan bahwa suku Gayo telah mendiami tanah leluhur ini sejak ribuan tahun yang lalu,” ungkap Tagore di Takengon, Selasa, 15 Februari, dikutip VOI dari Antara.

Pameran Peninggalan Kerajaan Linge dan Eksistensi Suku Gayo

Dia menjelaskan, hal tersebut merujuk temuan arkeologi di Ceruk Mendale, bahkan lewat uji DNA, uji radio karbon, bahwa suku Gayo sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Selain pameran benda-benda bersejarah, akan diadakan pula Festival Tari Guel dan Festival Lagu Himne Gayo, serta perlombaan pentas seni Gayo dengan total hadiah mencapai Rp50 juta. Panitia juga melaksanakan seminar adat dan budaya Gayo serta pertunjukan berbagai atraksi adat dan seni Gayo.

"Gayo adalah wilayah adat, penyelamatan adat dan budaya Gayo penting untuk digalakkan, sehingga generasi muda tidak akan lupa dengan identitas dan bahasa ibu yang mereka miliki," kata Tagore.

"Panitia juga telah mengundang Gayo serumpun untuk hadir memberi delegasi mengikuti kegiatan ini," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Dewan Adat Gayo akan Pamerkan Peninggalan Kerajaan Linge.

Selain peninggalan Kerajaan Linge, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.