Tiga Nelayan Aceh yang Tenggelam di Selat Malaka Dipulangkan Setelah Karantina COVID-19
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

ACEH - Tiga nelayan Aceh yang sebelumnya tenggelam di perairan Selat Malaka, Malaysia, dipulangkan setelah menjalani karantina COVID-19 selama 10 hari di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta.

"Mereka dipulangkan dari Jakarta hari ini, melalui Bandara Soekarno-Hatta, berangkat sekitar pukul 11.55 WIB tadi," terang Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Almuniza Kamal, dikutip VOI dari Antara, Kamis, 6 Januari.

Ketiga nelayan tiba di Indonesia pada Sabtu, 25 Desember 2021, tetapi harus menjalani karantina COVID-19 sebelum dipulangkan ke Aceh.

Perahu Tiga Nelayan Aceh Tenggelam Dihantam Ombak

Almuniza menjelaskan bahwa tiga nelayan tersebut mengalami musibah tenggelamnya perahu di perairan Selat Malaka pada 12 Desember 2021. Mereka diselamatkan oleh awak kapal Kontainer MV Kota Singa berbendera Singapura.

Musibah itu terjadi ketika para nelayan sedang mencari ikan di laut. Perahu yang mereka gunakan dihantam ombak besar sehingga pecah dan tenggelam.

"Ada sekitar 15 jam mereka terombang-ambing di lautan menggunakan galon air untuk pelampung," ujarnya.

Setelah kapal kontainer itu bersandar di Port Klang Malaysia, ketiga nelayan Aceh didatangi Satgas Perlindungan KBRI Kuala Lumpur yang terdiri dari Atase Perhubungan dan Fungsi Konsuler Perlindungan guna melakukan pertemuan.

Nelayan Berasal dari Aceh Tamiang

Tiga nelayan Aceh itu adalah Prasetyo (24), Hendra Syah Putra (23), dan Musliyadi (40). Ketiganya berasal dari Dusun kenangkung, Kelurahan Muka Sungai Kuruk, Kecamatan Seruway, Aceh Tamiang.

"Selain karantina, ketiga nelayan ini juga terlebih dahulu menerima divaksin hingga tahapan kedua di Jakarta," kata Almuniza.

Mewakili Pemerintah Aceh, Almuniza dan masyarakat Aceh berterima kasih kepada awak Kapal kontainer MV Kota Singa, KBRI Kuala Lumpur, Kementerian Luar Negeri RI, KKP, BP2MI serta unsur lainnya karena telah membantu penyelamatan dan mengurus pemulangan para nelayan tersebut.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tiga Nelayan Aceh Dipulangkan Usai Karantina COVID-19.

Selain kabar nelayan Aceh, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.