Varian Omicron Masuk Indonesia, Ini Kata Menteri Kesehatan
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

ACEH – Setelah berbagai upaya pengetatan dilakukan di pintu masuk dari luar negeri, kasus COVID-19 varian B.1.1.529 atau varian omicron tetap masuk ke Indonesia.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, meminta masyarakat tidak pergi ke luar negeri jika tidak ada urusan mendesak, termasuk berlibur selama masa libur Natal dan tahun baru.

Dia menjelaskan, kondisi penyebaran COVID-19 di Tanah Air saat ini masih lebih aman dibanding beberapa negara yang lain.

"Liburan ini, habiskan waktunya di dalam negeri. Tidak perlu ke luar negeri. Indonesia yang jauh lebih aman dibanding dengan banyak negara luar. Kita jaga keluarga kita, tetangga kita, seluruh rakyat Indonesia dengan mengurangi perjalanan ke luar negeri kalau tidak perlu. Kita jalan-jalan saja di dalam negeri karena kita jauh lebih aman," terang Budi dalam konferensi pers virtual, Kamis, 16 Desember, dikutip VOI.

Kondisi Pandemi di Inggris Akibat Varian Omicron

Salah satu contoh dari Budi mengenai negara yang kondisi pandeminya lebih buruk dari Indonesia adalah Inggris. Akibat penularan varian omicron yang sangat cepat, Inggris mencatatkan pertambahan kasus COVID-19 hingga 70 ribu per hari.

"Di Inggris, yang tadinya cuma 10-an (kasus) per hari, naik 100 per hari, sekarang sudah 70 ribu per hari. Lebih tinggi daripada puncak kasus yang terjadi di Indonesia pada bulan Juli yang 50 ribu per hari," tutur Budi.

Budi mengaku bahwa tingkat perawatan pasien COVID-19 varian omicron di rumah sakit lebih rendah daripada orang yang terpapar varian delta. Namun, angka penularan yang tinggi di masyarakat juga akan mengakibatkan tingkat perawatan di rumah sakit ikut meningkat.

"Tetap penularannya tinggi, di ujungnya akan bisa memberikan tekanan di rumah sakit. Karenanya, tidak usah khawatir, tidak usah panik, tetap kita hidup seperti biasa, yang paling penting adalah jaga kewaspadaan dari protokol kesehatan," jelasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Meski Omicron Sudah Terdeteksi, Menkes Budi Gunadi Bilang Indonesia Jauh Lebih Aman Dibanding Banyak Negara Luar.

Selain varian omicron di Indonesia, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.