Ilmuan WHO Sebut Varian Omicron Tidak Lebih Berbahaya dari Jenis Lain
Photo by Quinten Braem on Unsplash

Bagikan:

ACEH – COVID-19 varian omicron adalah hal yang berbahaya. Namun, varian ini disebut tidak lebih buruk dari jenis virus corona yang lain. Hal tersebut disampaikan oleh para ilmuwan WHO dan dan Amerika Serikat yang berbicara kepada AFP.

Dikutip VOI dari Channel News Asia, Rabu 8 Desember, mereka tetap mengingatkan bahwa pernyataan tersebut perlu dipertegas dengan penelitian lanjutan untuk menilai tingkat keparahannya.

Tingkat Kengerian Varian Omicron

Meski belum dipastikan, pernyataan tersebut seperti harapan baru bagi dunia. Dunia saat ini sedang sangat khawatir dengan varian terbaru ini. Puluhan negara kembali memberlakukan pembatasan perbatasan dan meningkatkan kemungkinan kembalinya penguncian yang berdampak pada ekonomi.

"Meskipun kemungkinan lebih menular daripada varian sebelumnya, data awal tidak menunjukkan omicron lebih parah," ungkap direktur kedaruratan WHO, Michael Ryan.

"Faktanya, jika ada, arahnya adalah ke arah yang lebih ringan," lanjutnya.

Ryan tidak percaya kalau varian omicron disebut bisa sepenuhnya menghindari perlindungan yang diberikan oleh vaksin COVID-19. Informasi ini sebelumnya menggambarkan bagaimana kengerian varian omicron.

"Kami memiliki vaksin yang sangat efektif yang telah terbukti efektif melawan semua varian sejauh ini, dalam hal penyakit parah dan rawat inap ... Tidak ada alasan untuk berharap bahwa itu tidak akan terjadi untuk Omicron," tambahnya.

Fungsi Vaksinasi COVID-19

Sebuah penelitian besar di Inggris mengenai pencampuran vaksin COVID-19 telah menemukan, orang memiliki respons kekebalan yang lebih baik saat menerima dosis pertama suntikan vaksin COVID-19 lansiran AstraZeneca atau Pfizer diikuti oleh Moderna sembilan minggu kemudian, menurut hasil pada hari Senin.

"Kami menemukan respons imun yang sangat baik di seluruh pengujuian, pada kenyataannya, lebih tinggi dari ambang batas yang ditetapkan oleh vaksin Oxford-AstraZeneca dua dosis," Matthew Snape, profesor Oxford di balik uji coba yang dijuluki Com-COV2, mengatakan kepada Reuters, seperti dikutip 7 Desember.

Temuan yang mendukung pemberian dosis fleksibel akan memberikan harapan bagi negara-negara miskin dan berpenghasilan menengah, yang mungkin perlu menggabungkan merek yang berbeda antara vaksin pertama dan kedua jika persediaan menipis atau menjadi tidak stabil.

"Saya pikir data dari penelitian ini akan sangat menarik dan berharga bagi negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, di mana mereka masih meluncurkan dua dosis vaksin pertama," jelas Snape.

"Kami menunjukkan, Anda tidak harus kaku untuk menerima vaksin yang sama untuk dosis kedua dan jika program akan disampaikan lebih cepat dengan menggunakan beberapa vaksin, maka tidak apa-apa untuk melakukannya," paparnya.

Jika vaksin AstraZeneca-Oxford diikuti dengan suntikan Moderna atau Novavax, antibodi yang lebih tinggi dan respons sel T diinduksi dibandingkan dua dosis AstraZeneca-Oxford, menurut para peneliti di Universitas Oxford.

Artikel ini telah tayang dengan judul Para Ilmuwan dari WHO Yakin Omicron Tidak Lebih Buruk Dibanding Varian Lain.

Selain varian omicron, ikuti berita serta info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.