Peringatan Keras Jokowi Kepada Kapolri Terkait Investasi
Presiden RI, Joko Widodo dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Dok. Setkab)

Bagikan:

ACEH – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perintah tegas kepada Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, untuk mengganti kapolda yang tidak bisa mengawal, menjaga, dan mendampingi investasi di daerah-daerah. Hal tersebut berhubungan dengan penekanan Jokowi bahwa investasi merupakan sektor penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

"Saya sudah titip juga ke Kapolri. Kapolda yang tidak bisa menjaga, sama. Diperingatkan, kalau memang sulit enggak bisa mengawal, enggak bisa menyelesaikan, yang berkaitan dengan agenda besar negara kita, ya maaf, ganti!" tuturnya dalam Apel Kepala Kesatuan Wilayah, Jumat, 3 Desember.

Jokowi ingin agar investasi yang masuk ke Indonesia mendapat pengawalan agar tidak ada gangguan. Ia menilai, Kapolda mesti melakukan pendampingan agar investasi yang masuk dan yang sedang berproses betul-betul bisa direalisasikan.

"Jadi kalau ada yang ganggu-ganggu di daerah urusan investasi, kawal dan dampingi, agar setiap investasi tuh betul-betul direalisasikan. Karena kunci penggerak ekonomi ada di situ," tegasnya.

"Jaga, sekali lagi, jaga yang namanya investasi. Investasi yang sudah ada, investasi yang baru berproses maupun investasi yang baru datang, jaga," sambungnya.

Penjelasan Jokowi Mengenai Investasi dan Ekonomi Nasional

Dia mengatakan, kunci utama dalam upaya mendorong ekonomi tumbuh positif adalah investasi, bukan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

"Karena kunci kita disini bukan di APBN. Supaya tahu, APBN itu hanya mempengaruhi kurang lebih 18—15 persen dari pertumbuhan ekonomi yang kita miliki. Jangan keliru, artinya apa, 85 persen perputaran uang dan pertumbuhan ekonomi ada di swasta dan BUMN," jelasnya.

Saat ini, lanjut Jokowi, target investasi adalah sebesar Rp900 triliun. Sedangkan di tahun depan target investasi akan ditingkatkan menjadi Rp1.200 triliun. Ia pun menjelaskan bahwa saat ini investasi di Indonesia telah menyebar tidak hanya berfokus di pulau Jawa.

"Dan sekarang ini alhamdulillah, ini yang dari tahun 2021, investasi itu hanya di Jawa saja, di luar Jawa sudah lebih besar. Karena di Jawa 48 persen, di luar jawa 51,7 persen sudah lebih banyak di sana. Sudah lebih banyak. Artinya ini bagus, pergeseran ini bagus. Dulu lebih dari 60 persen itu ada di Jawa. Ini bagus," ucapnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Peringatan Keras dari Jokowi ke Kapolri Listyo Sigit: Kapolda yang Tak Bisa Kawal dan Dampingi Investasi, Ganti!

Selain peringatan keras Jokowi, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.