Tak Hanya Lomba Mural, Kini Polri Gelar Lomba Orasi Unjuk Rasa
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo (Foto via Divisi Humas Polri)

Bagikan:

ACEH – Dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia, Divisi Humas Polri mengadakan Lomba Orasi Unjuk Rasa untuk memperebutkan Piala Kapolri. Lomba tersebut akan digelar pada 10 Desember 2021.

Menurut keterangan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo, lomba tersebut dilaksanakan untuk memberikan ruang dan wadah kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan ekspresi.

"Sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat cara menyampaikan aspirasi sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku," terang Dedi dalam keterangan tertulisnya yang diterima VOI di Jakarta, Rabu 24 November.

Teknis Lomba Orasi Unjuk Rasa Polri

Tema yang akan diangkat dalam lomba tersebut adalah Memperingati Hari Hak Asasi Manusia dengan subtema bebas. Peserta lomba dibebaskan dalam menyampaikan orasi, baik itu kritikan maupun masukan yang membangun.

Menurut Dedi, kegiatan lomba orasi ini merupakan komitmen Polri yang sangat menghargai aspirasi-aspirasi dari masyarakat yang merupakan salah satu dari HAM. Hal ini sebagaimana tertuang dalam UUD NRI Tahun 1945 Pasal 28 dan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

"Polri selalu menghormati dan menghargai HAM dalam bentuk mengawal demokrasi dengan melindungi warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum," ujarnya.

Sama seperti Festival Mural Piala Kapolri yang dilaksanakan pada 30 Oktober kemarin, lomba orasi kali ini juga dilaksanakan di 34 polda seluruh Indonesia.

Adapun teknis lomba orasi itu nantinya akan melalui seleksi di tingkat polda yang nantinya akan disaring untuk masuk ke tingkat Mabes Polri.

Lomba orasi ini mempersilakan seluruh unsur elemen masyarakat ikut berpartisipasi, mulai dari mahasiswa, buruh, tani, hingga elemen lainnya. Lomba ini terdiri atas satu tim yang bisa berisikan 5—15 orang.

Pendaftaran lomba sejak 25—30 November 2021. Setelah melewati penyaringan di tingkat polda, pada tanggal 10 Desember peserta yang juara pertama di daerah akan tampil di tingkat pusat atau Mabes Polri. Dalam perlombaan ini, Polri menyiapkan hadiah senilai Rp50 juta untuk juara pertama; Rp30 juta untuk juara kedua; dan Rp20 juta untuk peserta juara ketiga.

Artikel ini telah tayang dengan judul Setelah Lomba Mural, Kini Polri Bikin Lomba Orasi Unjuk Rasa Perebutkan Piala Kapolri.

Selain lomba murah dan lomba orasi unjuk rasa, ikuti berita info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh!