Info BMKG: Aceh dan Daerah-Daerah Berikut Diimbau Waspada terhadap Potensi Banjir Bandang Akibat Cuaca Ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem (Antara)

Bagikan:

ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi selama sepekan ke depan.

Dalam 3 hari ke depan, daerah yang perlu waspada terhadap banjir bandang adalah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, serta Papua.

BACA JUGA:


Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, potensi cuaca ekstrem terjadi pada periode pancaroba seperti hujan yang sporadis, lebat, dan durasi singkat yang disertai petir serta angin kencang, bahkan hujan es di beberapa daerah.

"Cuaca ekstrem ini berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung," papar Guswanto, Senin, 10 Mei.

Fenomena Alam Lain yang Teramati BMKG

Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer-laut, terdapat aktivitas fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) di wilayah Indonesia yang teramati bersamaan dengan aktifnya fenomena gelombang Ekuatorial lainnya, seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial. 

Saat ini teramati pula pola sirkulasi siklonik di Indonesia, yaitu di Laut Sulu dan Papua Barat yang bisa membentuk pertemuan dan perlambatan kecepatan angin. 

"Kondisi atmosfer yang masih labil pada skala lokal juga mampu meningkatkan potensi konvektif kuat yang menyebabkan pembentukan awan hujan menjadi lebih intensif di beberapa wilayah Indonesia," jelas dia.

Kondisi tersebut bisa menimbulkan potensi hujan sedang hingga lebat pada 10—12 Mei 2021 di Aceh, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Kep. Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Kondisi ini juga berpotensi hujan pada tanggal 13—15 Mei 2021 di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kep.Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Pada 16—17 Mei 2021 di Aceh, Kep. Riau, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul BMKG: 3 Hari ke Depan Potensi Banjir Bandang Terjadi di Aceh, Sumut, Sumbar Harap Waspada. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Terkait