Jokowi Hadiri KTT G20 di Roma yang Dilanjutkan Kunjungan ke Dua Negara Lain
Presiden Joko Widodo (Foto: Twitter @jokowi)

Bagikan:

ACEH – Hari ini, 29 Oktober, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berangkat ke Roma, Italia untuk menghadiri KTT G20. Jokowi berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang dengan pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) pada pukul 09.15 WIB.

Sebelum bertolak, Jokowi mengatakan bahwa acara tersebut menjadi kunjungan bilateral yang pertama kali ia lakukan pada masa pandemi COVID-19. Kunjungan ini akan dimanfaatkan untuk memperkuat kerja sama.

"Ini adalah kunjungan bilateral pertama saya di masa pandemi. Saya akan pergunakan kunjungan ini untuk memperkuat kerjasama, terutama di bidang perdagangan dan investasi," ungkap Jokowi seperti dikutip dari keterangan resmi Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat, 29 Oktober.

Selain KTT G20 di Roma, Presiden Akan Kunjungi Dua Negara Lain

Ini merupakan rangkaian awal kunjungan kerja Presiden ke tiga negara. Dua negara yang akan dikunjungi selanjutnya adalah Britania Raya dan Uni Emirat Arab.

Di Roma Presiden Jokowi akan mengikuti KTT G20 yang digelar pada 30—31 Oktober. Di Glasgow, Britania Raya, Presiden akan berpartisipasi dalam KTT Pemimpin Dunia COP26 yang digelar pada 1—2 November dan melanjutkan kunjungan bilateral ke Uni Emirat Arab.

Dalam perjalanan menuju Roma, Presiden Jokowi dan rombongan akan menempuh penerbangan menuju Roma selama kurang lebih 13 jam. Presiden diperkirakan akan tiba di Fiumicino Airport, Roma, pada pukul 17.25 Waktu Setempat (WS) dan akan langsung menuju hotel tempatnya bermalam selama di Roma, Italia.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Roma, Italia, adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Marsda TNI M. Tonny Harjono, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Nampak melepas keberangkatan Presiden di Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kaporlri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ke Roma Hadiri KTT G20, Jokowi: Kunjungan Bilateral Pertama di Masa Pandemi.

Selain KTT G20, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!