Tenang! Inilah 4 Cara Menghilangkan Stretch Mark pada Tubuh
Tampilan Stretch Mark (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

ACEH – Penyebab stretch mark adalah menipisnya lapisan dermis saat kulit mengalami peregangan sehingga lapisan kulit yang ada di bawahnya muncul ke permukaan. Meski ini wajah, beberapa orang merasa tidak terganggu sehingga butuh cara menghilangkan stretch mark.

Menurut dokter kulit Arash Akhavan, dilansir Cosmopolitan, setidaknya ada 4 cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stretch mark. Penasaran, kan?

Cara Menghilangkan Stretch Mark pada Tubuh

  1. Mengoleskan krim retinoid

Retinoid merupakan senyawa kimia turunan vitamin A. Selain menjaga kesehatan mata, vitamin A juga bisa memperbaiki tekstur kulit dengan membentuk ulang serat kolagen kulit. Dalam penelitian Jama Dermatology Journal, retinoid mampu memudarkan tampilan stretch mark.

Cara yang perlu dilakukan adalah mengoleskan krim retinoid ke area stretch mark. Selain itu, cobalah konsumsi sayuran bervitamin A, seperti wortel, telur rebus, dan hati ayam.

  1. Mengoleskan krim tretinoin

Krim dengan kandungan tretinoin juga bisa menghilangkan stretch mark. Tretinoin merupakan turunan sintesis vitamin A yang lebih kuat untuk meremajakan kulit, meningkatkan pergantian sel, dan menginduksi produksi kolagen. Namun, krim retinoid tidak disarankan untuk kulit sensitif.

  1. Teknik microneedling

Dermatologi, Shari Sperling, teknik microneedling bisa menghilangkan stretch mark secara cepat karena menggunakan alat khusus berjarum kecil untuk ditusukkan ke kulit. Dengan begitu, produksi kolagen meningkat sehingga stretch mark mudah hilang.

  1. Mikrodermabrasi

Tips ini memanfaatkan exfoliating crystals berukuran kecil yang disemprotkan ke are kulit dengan stretch marks. Kemudia, sebuah alat khusus digosokkan pada area tersebut sehingga sel kulit mati di permukaan kulit terangkat. Pertumbuhan sel kulit baru menjadikan kulit tampak kembali normal.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ketahui Penyebab dan Cara Menghilangkan Stretch Mark.

Selain cara menghilangkan stretch mark, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!