Mahfud MD Sebut 86 Persen Pelaku Korupsi Lulusan Perguruan Tinggi
Mahfud MD saat mengisi kuliah umum di Universitas Semarang (USM) pada Rabu, 20 Oktober (Humas Kemenko Polhukam)

Bagikan:

ACEH – Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), mengungkapkan bahwa terdakwa kasus korupsi terbanyak di Tanah Air berasal dari perguruan tinggi. Ia mengatakan, jumlah koruptor Indonesia yang lulusan perguruan tinggi mencapai 86 persen.

Data tersebut ia sampaikan saat mengisi kuliah umum di Universitas Semarang (USM) pada Rabu, 20 Oktober.

"Jika dilihat dari pelaku-pelaku korupsi dan kolusi, perguruan tinggi menjadi terdakwa utama di dalam kemelut yang menimpa bangsa ini, terutama kemelut korupsi di Indonesia," ungkap Mahfud dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 21 Oktober.

Meski Telurkan Pelaku Korupsi, Perguruan Tinggi Punya Tugas Besar

Meski demikian, ia tak juga mengatakan bahwa perguruan tinggi memiliki peran untuk membawa perubahan serta kemajuan bagi negara. Selain itu, perguruan tinggi mestinya bisa menjadi salah satu langkah untuk memenuhi agenda wawasan kebangsaan.

"Kampus tidak sebatas melakukan transfer ilmu pengetahuan, melainkan juga menjadi tempat di mana mahasiswa ditempa untuk bersikap layaknya sebagai warga negara yang memahami bangsanya sendiri," lanjut Mahfud.

Perguruan tinggi, tambah Mahfud MD, juga harus bisa membawa kemajuan bagi bangsa, termasuk inovasi.

Selain itu, pemantapan wawasan kebangsaan di tengah perguruan tinggi juga harus sampai pada munculnya kesadaran jika realita keberagaman bangsanya dibangun di atas empat konsensus kebangsaan dan kenegaraan sebagai penopang eksistensinya.

"Baik atau tidaknya wawasan kebangsaan akan bergantung pada tingkat pengetahuan dan kesadaran seorang warga negara itu sendiri," ujarnya.

Dalam kegiatan itu, hadir Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi sekaligus memandu acara, Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip, Sudharto P. Hadi; Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip, Kesi Widjajanti; Rektor USM, Andy Kridasusila; dan para rektor serta para dekan fakultas hukum perguran tinggi di Jawa Tengah.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mahfud MD: 86 Persen Koruptor Lulusan Perguruan Tinggi.

Selain pelaku korupsi, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!