Kunjungi Desa Wisata Mangunan, Sandiaga Uno Sulit Akses PeduliLindungi
Sandiaga Salahuddin Uno memberi makan burung di kawasan Desa Wisata Mangunan, Kabupaten Bantul, pada Minggu 10 Oktober (Antara)

Bagikan:

ACEH – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengaku kesulitan untuk mendapat sinyal internet ketika menggunakan aplikasi PeduliLindungi di kawasan Desa Wisata Mangunan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Saya mengalami sendiri, saya pakai PeduliLndungi (sinyal) muter-muter terus tidak habis-habis, sampai panas handphone saya," kata Menparekraf dalam kunjungan kerja di Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, dilansir Antara pada Minggu, 11 Oktober.

Menparekraf berharap pemerintah daerah mengatur kawasan wisata yang sulit terjangkau sinyal internet untuk proses scan barcode aplikasi PeduliLindungi. Sebab, saat ini scan barcode aplikasi PeduliLindungi menjadi syarat masuk kawasan wisata.

PeduliLindungi Susah Diakses, Sandiaga Uno Hubungi Telkom

Pengaturan tersebut bisa dengan uji coba menunjukkan kartu vaksin dari pengunjung di pintu masuk wisata tanpa harus melalui aplikasi PeduliLindungi, jika kesulitan mendapat jaringan internet.

"Dan saya beri diskresi ke Pak Singgih (Singgih Raharjo, Kepala Dinas Pariwisata DIY) untuk mengatur daerah-daerah yang minim sinyal seperti ini, uji coba dengan diskresi kartu vaksin, jadi kita tidak akan membuat ribet," kata Sandiaga.

Menparekraf juga mengatakan bahwa sudah berkomunikasi dengan provider jaringan Telkom dan akan ditindaklanjuti dengan survei dalam beberapa hari ke depan, salah satunya ke Desa Wisata Mangunan Bantul.

"Saya juga koordinasi dengan Kominfo, karena ini adalah destinasi unggulan, salah satu yang menopang destinasi super prioritas. Jadi harus kita berikan prioritas internet yang berkualitas, jadi langsung kita tindaklanjuti," kata Menparekraf.

Sandiaga juga mengharapkan agar pemerintah daerah termasuk DIY meningkatkan kecepatan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat, agar dapat menurunkan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Tentunya kita harapkan vaksinasi lebih ditingkatkan di Bantul, karena dengan vaksinasi, level PPKM bisa turun menjadi level 2, dan bisa diserahkan kepada Pemda," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ketika Sandiaga Uno Kesulitan Akses PeduliLindungi di Desa Wisata Mangunan, Bantul.

Selain PeduliLindungi di tempat wisata, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!