Ragam Manfaat Vitamin B1 untuk Tanaman Hias yang Jarang Diketahui
Ilustrasi manfaat vitamin B1 untuk tanaman (Unsplash/Severin Candrian)

Bagikan:

ACEH - Vitamin B1 tak hanya memberikan manfaat kepada manusia. Para penghobi tanaman mungkin belum tahu, tapi manfaat vitamin B1 juga bisa dirasakan oleh tumbuhan, baik tanaman hias daun maupun tanaman bunga.

Vitamin B1 untuk tanaman atau dikenal dengan tiamin. Bagi manusia, vitamin ini untuk membantu menjaga kesehatan saraf dan mengubah karbohidrat menjadi sumber energi.

Sementara, manfaat B1 untuk tanaman pada umumnya membantu proses pertumbuhan dan fotosintesis. Dilansir laman Kementerian Pertanian, Cybext, secara terperinci berikut manfaat vitamin B1 untuk tanaman.

Berbagai Manfaat Vitamin B1 untuk Tanaman Anda di Rumah

  1. Mencegah dan mengurangi stres

Untuk mengatasi masalah tanaman stres, Anda bisa memberikan vitamin B1 terutama ketika repotting, perpindahan, dan perubahan suhu.

  1. Membantu adaptasi dengan lingkungan baru

Pindah dari satu tempat ke tempat lain membutuhkan proses adaptasi bagi tanaman. Agar tidak menguning dan layu atau memperlihatkan tanda-tanda stres, berikan vitamin B1 sebagai nutrisi yang membantu proses adaptasi tanaman.

  1. Menjaga kesegaran tanaman 

Banyak faktor yang memengaruhi suburnya tanaman. Kadang kurang satu jenis unsur hara baik makro maupun mikro bisa membuat tanaman tidak terlihat segar. Solusinya, berikan vitamin B1 agar tumbuh tunas baru, segar, dan sehat.

  1. Mempercepat proses pertumbuhan akar dan jaringan baru

Seperti halnya jika dikonsumsi oleh manusia, pada tanaman vitamin B1 bermanfaat menjaga metabolisme dan mempercepat proses pertumbuhan akar serta jaringan baru pada tumbuhan.

  1. Merangsang proses pembungaan

Buat Anda yang merawat tanaman bunga, seperti anggrek, bisa memberikan vitamin B1 secara rutin. Sebab vitamin ini berkhasiat merangsang dan mempercepat proses pembungaan.

Sedangkan untuk tanaman aglonema, vitamin B1 juga bisa dimanfaatkan untuk mengkilapkan daunnya. Daun aglonema yang mengkilap merupakan efek dari tumbuh suburnya tanaman.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Manfaat Vitamin B1 untuk Tanaman Aglonema dan Bunga Anggrek.

Selain manfaat vitamin B1 untuk tanaman, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!