Said Iqbal: Partai Buruh Bukan Milik Dinasti atau Keluarga
Presiden Partai Buruh, Said Iqbal (Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

ACEH – Said Iqbal, Presiden Konfederasi Serikat Buruh Indonesia (KSPI), menjadi Presiden Partai Buruh. Ia mengatakan, partai yang ia pimpin bukan partai yang dimiliki orang per orang.

Hal tersebut ia katakan setelah mendeklarasikan kepengurusan Partai Buruh periode 2021/2026 yang disiarkan secara virtual.

"Partai Buruh juga berbeda dengan partai lain, pemilik partai bukan orang per orang. Pemilik partai bukan dinasti atau keluarga," ungkap Said, Selasa, 5 Oktober.

Pendiri dan Susunan Kepengurusan Partai Buruh

Partai Buruh terdiri atas 11 organisasi pendiri Partai Buruh lama, Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), Rumah Buruh Indonesia-FSPMI, Rumah Buruh Indonesia-KSPI, Organisasi Rakyat Indonesia-KSPSI, KPBI, Rumah Buruh Indonesia-FSP KEP, dan Rumah Buruh Indonesia-FSP FARKES.

Kemudian, Serikat Petani Indonesia (SPI), Forum Pendidik dan Tenaga Honorer Swasta Indonesia (FPTHSI), serta Gerakan Perempuan Indonesia (GPI).

Iqbal menjelaskan, tak ada satu pihak yang paling berkuasa di dalam partai dan seluruh anggota bisa melakukan kongres luar biasa (KLB) jika ada penyimpangan oleh petinggi partai politik.

"Pemilik partai adalah 11 organisasi pendiri yang di sini disebut Majelis Rakyat. Majelis Rakyat bisa memanggil Exco (Komite Eksekutif) bilamana ada kesalahan dan bahkan bisa meminta kongres luar biasa karena pemilik partai atau Majelis Rakyat adalah 11 organisasi pendiri," jelasnya.

Inilah susunan kepengurusan Partai Buruh yang belum lama ini terbentuk.

I. Komite Eksekutif atau Excecutive Committee (Exco)

1. Presiden: Said Iqbal

2. Wakil Presiden: Agus Supriyadi

3. Sekretaris Jenderal: Ferri Nurzarli

4. Bendahara Umum: Luthano Budyanto

II. Ketua Badan Pendiri (Majelis Rakyat): Sonny Pudjisasono

III. Ketua Majelis Nasional: Agus Ruli Ardiansyah

IV. Ketua Mahkamah Partai: Riden Hatam Aziz

Artikel ini telah tayang dengan judul Berbeda dengan Parpol Lain, Said Iqbal Tegaskan Partai Buruh Bukan Partai Dinasti Atau Keluarga.

Selain Partai Buruh, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!