Tangani Banjir di Aceh Barat, BPBD Bersihkan Saluran Air dan Sungai dengan Alat Berat
Alat berat jenis ekskavator di Lueng Aneuk Ayee Meulaboh, Aceh Barat (ANTARA)

Bagikan:

ACEH – Terkait upaya penanggulangan banjir di Aceh Barat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat mengirimkan alat berat berupa ekskavator untuk membersihkan saluran air (drainase) serta sungai kecil Lueng Aneuk Ayee di Meulaboh. 

"Pengerahan alat berat ini menindaklanjuti perintah Bupati Aceh Barat agar BPBD segera mengatasi banjir di perkotaan,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Aceh Barat, DR Mukhtaruddin, di Meulaboh, Aceh Barat, Minggu, 3 Oktober, dilansir Antara.

Ia mengatakan, hal tersebut menjadi upaya untuk mengangkat tumpukan sampah termasuk bangkai kapal nelayan yang ada di dalam sungai. Timbunan ini diduga menjadi penyebab banjir di Aceh Barat.

“Alhamdulillah, setelah dilakukan pembersihan, genangan air di perkotaan berangsur surut dan tidak lagi menggenangi jalan raya dan pemukiman warga,” kata Mukhtaruddin.

Banjir di Aceh Barat Sudah Tertangani

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengerahkan alat berat ke muara sungai di kawasan Desa Ujong Kalak Meulaboh untuk mengeruk muara demi melancarkan pembuangan air ke laut lepas.

"Saat ini kondisi sudah normal, tidak ada genangan banjir di pusat perkotaan termasuk rumah warga,” kata Mukhtaruddin menambahkan.

Meskipun demikian, BPBD Aceh Barat mengimbau masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaan khususnya di musim hujan saat ini.   

Ia juga mengimbau warga tidak membuang sampah di sembarangan tempat guna menghindari genangan air saat hujan tiba.

Artikel ini telah tayang dengan judul Cegah Banjir di Aceh Barat, BPBD Keruk Sampah dan Bangkai Kapal di Sungai Lueng Aneuk Ayee.

Selain banjir di Aceh Barat, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!