7 Fakta tentang Kopi yang Jarang Diketauhui Orang
Ilustrasi kopi (Pexels)

Bagikan:

ACEH – Tanggal 1 Oktober kemarin diperingari sebagai HariKopi Internasional. Peringatan ini dilakukan sejak tahun 2015. Perayaan minuman ini dilakukan karena kopi menjadi salah satu minuman populer di dunia. Tapi, tahukah Anda soal fakta tentang kopi itu sendiri? 

VOI akan memberikan sejumlah fakta terkait kopi yang sayang untuk Anda lewatkan. Menyadur laman Kompas, berikut ini informasi-informasi menarik tentang kopi.

Fakta tentang Kopi yang Sayang untuk Dilewatkan

  1. Kopi Luwak adalah jenis kopi yang termahal

Siapa yang tidak kenal dengan Kopi Luwak? Kopi yang berasa dari kotoran hewan Luwak ini digadang-gadang sebagai kopi termahal di dunia. Harga pasaran di dunia bisa mencapai 350 Euro/kilogram atau setara dengan Rp5.000.000/kilogram. 

  1. Perceraian bisa terjadi karena kopi

Ternyata, kopi juga berpengaruh besar pada rumah tangga dalam budaya Arab Kuno. Konon, suami bisa saja menggugat cerai istri jika kopi buatan sang istri dinilai kurang mantap.

  1. Creamer bisa bikin kopi hangat lebih lama

Tahukah Anda? Jika Anda menambah creamer ke dalam kopi, itu akan membuatnya 20 persen hangat lebih lama. Tak percaya? Bisa segera dicoba setelah membaca artikel ini.

  1. Kopi adalah buah

Jika Anda selama ini mengira kopi adalah biji-bijian, maka Anda salah besar. Kopi termasuk dalam kategori buah-buahan. Sebelum diolah, kopi memiliki bentuk yang sama dengan buah ceri. 

  1. Gembala kambing adalah orang pertama yang menemukan kopi

Kisah ini berawal sekitar tahun 1500-an, jauh sebelum hari kopi internasional ditetapkan. Pada saat itu, ada seorang gembala kambing yang melihat kambingnya memakan buah kopi. Tak lama kemudian ia melihat perubahan perilaku dari hewan ternaknya dimana kambing-kambing tersebut seakan tak pernah kehabisan energi di siang hari dan tidak tidur pada malam hari. 

Sang penggembala lalu membagikan biji kopi tersebut pada para bikhu setempat. Setelah mengonsumsi kopi, mereka menyadari bahwa bisa begadang semalaman dan berdoa.

  1. Kopi merupakan komoditas perdagangan terbesar kedua di dunia

Minyak mentah menjadi komoditas terbesar pertama setelah kopi. Selain itu, kopi juga merupakan minuman yang paling banyak diminum setelah air.

  1. Kopi sempat dilarang di Mekkah

Pada tahun 1511, pemerintah Mekkah melarang warganya meminum kopi lantaran percaya kalau kopi merangsang pemikiran radikal dan kemalasan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Memperingati Hari Kopi Internasional, Ini Sederet Fakta Tentang Kopi yang Perlu Anda Tahu.

Selain fakta tentang kopi, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!