Hari Humor Nasional, Mahfud MD Kenang Nasihat Gus Dur yang Disampaikan secara Jenaka
Menko Polhukam Mahfud MD (DOK Instagram pribadi)

Bagikan:

ACEH - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, didapuk sebagai tamu kehormatan acara proklamasi Hari Humor Nasional yang digelar Institut Humor Indonesia Kini (IHIK3) dan Perhimpunan Pencinta Humor (PERTAMOR).

Pada acara proklamasi ketawa yang disingkat Proketawa ini, Mahfud bercerita saat dirinya menjadi Menteri Pertahanan Kabinet Persatuan Nasional sering mendapat nasihat dari presiden Gus Dur dengan cara jenaka.

"Gus Dur itu kadangkala memberi nasihat dan mengekspresikan sesuatu dengan humor dan orang tidak marah," kenang Mahfud MD bercerita dirinya sering meminta nasihat Gus Dur saat bimbang dalam mengambil keputusan.

Pembacaan Proklamasi Hari Humor Nasional

Acara prolamasi Hari Humor Nasional yang digagas Jaya Suprana ini, bertepatan dengan hari lahir presiden Indonesia keempat, Kyai Abdurrahman Wahid yang akrab disapa Gus Dur. Yasser Fikry, pemandu acara mempersilakan putri sulung Gus Dur, Inayah Wahid, membacakan teks proklamasi Hari Humor Nasional atau Proklamasi Ketawa dengan kalimat yang unik dan jenaka.

"Proklamasi Ketawa disingkat Proketawa, kami bangsa Indonesia yang katanya ramah, yang katanya bersatu, yang katanya beradab, yang katanya sangat toleran, menyatakan bahwa hahahaha adalah Hak Asasi Manusia selama hahahaha itu berlandaskan humor, karena hahahaha yang tidak berlandaskan humor adalah upaya penyelewengan terhadap hahahaha, sedangkan hahahaha tanpa sebab adalah kegilaan," demikian petikan teks naskah Proketawa yang dibacakan Inayah Wahid, Selasa, 7 September.

Inayah Wahid yang mewarisi kejenakaan Gus Dur ini mampu memecah tawa para undangan yang hadir secara virtual. 

"Barang siapa mencintai Gus Dur niscaya hidupnya jenaka dan barang siapa yang tidak mencintai Gus Dur maka tidak kenapa-kenapa. Bersamaan dengan ini saya menyatakan 7 September 2021 sebagai hari humor Indonesia. Demikian jika ada satu bahasa yang dipahami semesta, bahasa itu pasti bahasa tawa. Semoga bisa kita hahahaha-kan bersama," lanjut Inayah membacakan teks Proketawa.

Sementara itu, Kiai Mustofa Bisri atau Gus Mus yang juga ikut hadir menjelaskan, akhir-akhir ini berbagai ujaran kebencian banyak bertebaran di media sosial dan hal tersebut berpotensi membuat imunitas masyarakat Indonesia menurun drastis.

"Hari humor ini mari kita mulai mencoba menolong saudara-saudara kita, meningkatkan imunitas mereka. Menurut saya humor ini bisa meningkatkan imunitas kita. Begitu kita tersenyum secara agama kita dapat pahala, secara sosial kita bisa menyenangkan orang lain dan secara pribadi dapat meningkatkan imunitas kita," papar Gus Mus sembari menceritakan sosok Gus Dur yang tidak hanya dikenal sebagai intelektual, kyai, dan presiden, tapi juga dikenal sebagai orang yang humoris.

Di akhir acara, panitia penyelenggara menganugerahkan penghargaan kepada beberapa seniman dalam berbagai kategori dari Anugerah Sibarani, Arwah, dan Suprana.

Artikel ini telah tayang dengan judul Proklamasi Hari Humor Nasional, Mahfud MD Kenang Sering Dinasihati Gus Dur dengan Cara Jenaka. Selain Hari Humor Nasional, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!