Tidur Miring ke Kiri Menyebabkan Mimpi Buruk, Benarkah?
Ilustrasi tidur miring ke kiri (Unsplash)

Bagikan:

ACEH – Beberapa studi merekomendasikan posisi tidur yang baik untuk kesehatan. Ditemukan pula bahwa tidur menghadap kiri atau bagian kiri tubuh menjadi tumpuan saat tidur memiliki kemungkinan untuk memberikan mimpi buruk.

Dilansir Huffpost, dibandingkan tidur miring ke kanan, orang yang tidur miring ke kiri lebih berpeluang mengalami mimpi buruk. Studi menyebutkan, 63 orang yang tidur miring ke kiri mengalami mimpi buruk.

Meskipun sample untuk membangun kesimpulan terlalu rapuh, sejumlah ilmuwan merekomendasikan posisi tidur yang baik. Apabila Anda sering mengalami mimpi buruk, terlepas dari posisi tidur yang kurang nyaman, disarankan untuk mencatat mimpi dan konsultasi kepada terapis profesional.

Tidur Miring ke Kanan untuk Melindungi Jantung

Michael J. Breus, penulis buku Beauty Sleep sekaligus psikolog klinis di American Board of Sleep Medicine, menjelaskan bahwa posisi tidur adalah preferensi personal. Selain setiap orang punya posisi tidur yang paling nyaman, usia juga memengaruhi posisi tidur.

Berdasarkan studi yang dilansir Psychology Today, seiring bertambahnya usia maka semakin banyak yang cenderung tidur dengan posisi miring.

Orang yang berusia lanjut lebih banyak tidur dengan posisi miring ke kanan. Posisi tersebut merupakan cara untuk melindungi fungsi jantung ketika tidur.

Meskipun para ilmuwan belum sepenuhnya yakin dengan pernyataan tersebut, faktanya saat tidur seseorang akan jarang bergerak pindah posisi seiring bertambahnya usia.

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dua kali lebih sering pindah posisi daripada orang dewasa di atas 65 tahun.

Anda mungkin tak terpikir untuk mengatur posisi tidur ketika berusia 20-an. Tetapi ketika menginjak usia 40-an dan 50-an, posisi tidur berdampak signifikan pada kenyamanan dan nyenyaknya tidur.

Terkait dengan posisi tidur dan mimpi, Breus menjelaskan bahwa penelusurannya secara lebih mendalam. Ia menjelaskan, orang yang tidur miring menghadap ke kanan berkemungkinan lebih sedikit mimpi buruk dibanding orang yang tidur menghadap kiri.

Sama kemungkinannya dengan orang yang tidur telentang. Selain berpotensi mengalami mimpi buruk, orang yang tidur telentang lebih sulit mengingat mimpinya. Tidur telentang juga bisa membantu mengurangi gejala GERD di malam hari.

Sisi baiknya lagi tidur dengan posisi miring mampu membantu sistem limfatik otak untuk membersihkan limbah dan mencegah penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer, Parkinson, dan demensia.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Menurut Studi, Posisi Tidur Miring ke Kiri Berkemungkinan Mimpi Buruk. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!