3 Sebab Perasaan kepada Pasangan Melemah, Segera Ambil Tindakan Antisipatif!
Pasangan (unsplash)

Bagikan:

ACEH – Cinta Anda kepada pasangan mungkin terasa sangat besar atau kuat pada masa awal hubungan. Namun, lambat laun hal tersebut kadang melemah atau tidak sama dengan masa awal menjalin hubungan.

Setelah lama berhubungan, Anda tentu sudah tidak sering deg-degan setiap mau bertemu atau tidak sering senyum-senyum sendiri saat membaca pesan singkat darinya.

Jika tidak disikapi, hal ini bisa saja berbahaya bagi hubungan Anda. Semakin lama, hubungan biasanya makin serius, dan perasaan semacam itu biasanya mulai berkurang. Ingin tahu sebabnya?

Beberapa Sebab Rasa terhadap Pasangan Berubah

1.    Komunikasi

Komunikasi yang buruk seringkali jadi sumber utama dalam pertengkaran. Saat Anda ada masalah, tetapi tidak bisa menyelesaikan dengan baik, Anda akan mengingat betapa menyebalkannya pasangan.

Rasa cinta itu sebenarnya tetap ada. Namun, setiap ada masalah, Anda jadi lebih sering mengingat keburukannya daripada kebahagiaan kalian selama bersama. 

Ingin mempertahankan hubungan dan membuat koneksi dengan pasangan jadi lebih baik? Perbaiki komunikasi!

Masalah dalam hubungan itu wajar kok dan akan selalu ada. Namun, semuanya harus diselesaikan sampai tuntas. Dengan demikian, setelah berbaikan, Anda akan merasakan perasaan cinta lagi pada pasangan. 

2.    Waktu

Waktu memang bisa mengubah banyak hal, termasuk perasaan. Di awal hubungan, Anda mungkin merasa cinta Anda pada pasangan akan bertahan selama-lamanya. Namun, seiring waktu, berbagai hal terasa berbeda. 

Penyebabnya bisa banyak faktor, mulai dari banyak konflik, terjebak rutinitas yang itu-itu saja, jarang ada waktu berkualitas, sama-sama sibuk, atau malah merasa jenuh dengan hubungan. 

Jika sebenarnya tidak ada masalah yang besar sampai harus berpisah, Anda dan pasangan bisa sama-sama berusaha untuk bikin hubungan kalian jadi lebih seru. Misalnya, coba luangkan waktu untuk liburan bersama atau paling tidak melakukan hal-hal baru bersama, bisa juga pergi kencan ke tempat baru.

3.    Perubahan 

Awalnya, hubungan terasa mulus-mulus saja. Namun, tiba-tiba ada perubahan terjadi dan ini sedikit banyak membawa perbedaan pada hubungan.

Bisa saja pasangan mendadak pindah kota, tempat tinggal semakin berjauhan, punya kegiatan tambahan jadi semakin sibuk, atau baru saja pindah tempat kerja yang membuat kalian jadi sulit bertemu. 

Karena adanya perubahan ini, Anda merasa cinta di antara kalian jadi seperti berkurang—meski kadang semakin kuat karena rindu terus menggebu. Mestinya pasangan bisa beradaptasi dengan segala kondisi. Sebab, perubahan akan selalu ada, kadang mendadak atau bahkan yang direncanakan. 

Coba didiskusikan lagi dengan pasangan mengenai hubungan kalian. Selalu ada jalan terbaik kok jika masih sama-sama ingin mempertahankan cinta kalian.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul 3 Alasan Kenapa Rasa Cinta Bisa Memudar. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!