Program Aslureti di Aceh Jaya Berlanjut, Kapan Cairnya?
T. Irfan TB., Bupati Aceh Jaya (Antara)

Bagikan:

ACEH - Bupati Aceh Jaya, T. Irfan Tb., menjelaskan bahwa Pemkab Aceh Jaya akan melanjutkan program dana Asistensi Lanjut Usia Beresiko Tinggi (Aslureti) tahun 2021. Meski begitu, waktu penyalurannya ditangguhkan sampai akhir Ramadan 1442 Hijriah.

“Aslureti tetap kita salurkan, namun tidak sesuai jadwal seperti biasanya. Jika sebelumnya disalurkan sebelum meugang, untuk tahun ini akan disalurkan akhir bulan Ramadan, dikarenakan adanya refocusing,” jelas Irfan di Aceh Jaya, Rabu, 21 April.

Hal tersebut ia tegaskan untuk menanggapi kekhawatiran lansia di Aceh Jaya yang mempertanyakan komitmen pemerintah terhadap lanjutan program tersebut.

Alasan program Aslureti tetap dipertahankan di Aceh Jaya

Menurut Irfan, tim anggaran Pemkab Aceh Jaya tengah memperjuangkan anggaran agar tidak terpangkas sehingga dana Aslureti dapat segera disalurkan.

“Kita tetap mempertahankan program pro rakyat karena merupakan bantuan yang sangat tersentuh bagi warga di Aceh Jaya selama ini,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Jaya, Ibnu Abbas, mengatakan bahwa pemerintah rencananya ingin menyalurkan bantuan itu pada awal Ramadan, tetapi erkendala anggaran sehingga penyaluran akan dilaksanakan pada pekan terakhir Ramadan.

“Dana tersebut tetap akan disalurkan menjelang Idulfitri nantinya untuk tiga bulan, yaitu Januari hingga Maret 2021,” kata Ibnu Abbas.

Menurut dia jumlah lansia Kabupaten Aceh Jaya yang berhak menerima dana Aslureti itu sebanyak 2.877 jiwa, dengan total anggaran Rp1,7 miliar untuk tiga bulan tersebut.

Selain berita soal program Aslureti, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!