Ekonomi Terdampak COVID-19, Bupati Aceh Besar Targetkan Penurunan Angka Kemiskinan pada Tahun 2022
Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali (Antara)

Bagikan:

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, punya target angka kemiskinan turun sebesar 10 hingga 11 persen pada tahun 2022.

"Target ini dapat kita wujudkan melalui dukungan dari seluruh pemangku kepentingan yang ada di Aceh Besar," ungkap Mawardi di sela-sela pembukaan Forum Perangkat Daerah/Forum Lintas Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Aceh Besar tahun 2022 di Jantho, Aceh Besar, Senin, 15 Maret.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), terang Mawardi, pertumbuhan ekonomi Aceh Besar ada di angka 0,31 persen, sedangkan dalam target RPJM Kabupaten Aceh Besar adalah 4,51 persen.

“Tetapi karena pandemi global wabah COVID-19 berdampak pada pertumbuhan ekonomi dunia, termasuk ekonomi Kabupaten Aceh Besar. Namun demikian, pertumbuhan ekonomi Aceh Besar masih dalam kategori baik karena masih menunjukkan angka positif, dibandingkan kabupaten/kota lain di Provinsi Aceh," jelasnya.

Bupati berharap perencanaan berdampak langsung pada ekonomi masyrakat

Ia megatakan, pada tahun 2020 Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, telah melakukan refocusing anggaran dan pada 2021 ini juga berdasarkan PMK Nomor 17 Tahun 2021, Kabupaten Aceh Besar juga harus melakukan refocusing anggaran sebesar 8 persen atau sekitar Rp28 miliar.

"Saya berharap dalam perencanaan ini benar-benar harus memprioritaskan usulan-usulan masyarakat dan langsung berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat," jelasnya.

Ia juga berpesan kepada seluruh komponen pelaku pembangunan yang hadir untuk serius dan bekerja bersama-sama sehingga melalui Forum Perangkat Daerah/Forum Lintas Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan rancangan RKPD tahun 2022 ini bisa mengakomodir berbagai aspirasi masyarakat yang akan disinergikan dengan kebijakan dan program pembangunan pemerintah serta analisis para teknokrat di berbagai bidang pembangunan.

Menurutnya, yang terpenting adalah sinkronisasi dan sinergitas pembangunan yang kemudian diharapkan mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi wilayah serta menjawab permasalahan dan kebutuhan mendesak pada tahun 2022.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!