Kenali 7 Tanda Kulit Wajah Butuh Serum agar Tidak Salah Beli Produk
Ilustrasi tanda kulit wajah perlu menggunakan serum (Pexels/Alexander Stemplewski)

Bagikan:

ACEH - Penggunaan skincare atau produk perawatan kulit wajah perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Apakah Anda saat ini menggunakan serum? Apakah memang sudah perlu menggunakannya? Anda perlu tahu tanda kulit wajah butuh serum sebelum menggunakannya.

Serum digunakan untuk menambahkan nutrisi pada kulit. Ada pula serum yang diformulasikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan tertentu kulit wajah. Serum ada yang diformulasikan dengan beberapa kandungan berupa asam hialuronat, retinol, dan peptida.

Selain itu, serum juga mengandung vitamin serta ekstrak lainnya yang bersifat antioksidan. Nah, Anda perlu tahu dulu kebutuhan kulit wajah Anda agar bisa memilih serum yang tepat. Dengan demikian, kecantikan Anda akan maksimal dan kulit tetap sehat.

Tanda Kulit Wajah Butuh Serum

1. Tanda penuaan

Usia tak bisa ditolak, tetapi tanda penuaan bisa diantisipasi dengan gaya hidup yang sehat. Selain itu, ada produk yang perawatan kulit wajah yang bisa digunakan. Pada usia 30-an, kulit banyak mengalami perubahan.

Jika dahulu kulit wajah Anda kencang, mungkin pada usia tersebut kulit mulai kendor, bahkan lapisannya terlalu tipis karena berkurangnya produksi kolagen alami. Menemukan serum anti aging tidak hanya membantu kulit memesona tetapi juga akan menambah nutrisi dan efeknya kulit lebih kenyal.

2. Bintik hitam

Banyak faktor yang memicu bintik hitam pada kulit. Bisa karena bekas luka, hiperpigmentasi, atau seringnya terpapar matahari tanpa perlindungan kulit yang ampuh. Apapun penyebabnya, serum bisa jadi solusi. Maka disarankan untuk memakai serum vitamin C yang merupakan antioksidan dan melindungi efek buruk paparan sinar ultraviolet pada kulit.

3. Tekstur tidak mulus

Perubahan tekstur kulit disebabkan penumpukan sel kulit mati. Kalau dalam jangka waktu yang lama tidak memasukkan rutinitas eksfoliasi, maka bisa merusak kulit lho. Ciri-ciri terjadi penumpukan sel kulit mati, kulit menjadi kasar dan tidak rata. Maka ini saatnya untuk menggunakan serum yang bersifat pengelupasan sekaligus menjaga kelembapan.

4. Kulit rentan berjerawat

Jerwat tidak hanya dialami pada usia remaja. Ini akan bertahan hingga dewasa karena jerawat dipicu oleh sebum yang diproduksi kelenjar sebaceous. Ketika minya alami tersebut bersatu dengan kotoran dan sel kulit mati, maka wajah jadi rentan jerawatan.

Oleh karena itu, Anda bisa memakai rutinitas harian yang bermanfaat sebagai pencegahan jerawat. Sebenarnya tak hanya serum, Anda bisa rutin membersihkan wajah dengan sabun wajah yang tepat dua kali sehari atau setelah berolahraga dan berkeringat.

5. Mata bengkak

Begadang dan kurang istirahat, perlu dilunasi dengan perawatan kulit wajah yang mumpuni. Karena jika tidak, muncul mata panda dan kantung mata. Serum wajah merupakan salah satu skincare yang bisa membantu Anda mengatasi masalah pada kantung mata dan warna kulit bawah mata lebih gelap.

6. Muncul garis tawa

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa setiap kali tertawa, tersenyum, dan mengerutkan kening terlihat garis-garis halus tak seperti biasanya. Ini merupakan tanda penuaan yang tak terelakkan. Beberapa serum wajah bekerja untuk mengatasinya.

7. Mengalami eksim

Gejala eksim antara lain kulit mengering dan muncul jerawat meruam serta menyakitkan. Mengatasi hal tersebut, paling bijak memeriksakan ke dermatologis. Sehingga dokter kulit memberikan saran serta dosis tepat skincare dengan antioksidan. Serum juga bermanfaat dalam hal tersebut, yaitu membantu membuat kulit tetap lembap, menenangkan, dan menghaluskan.

Artikel ini telah tayang dengan judul 7 Tanda Kulit Wajah Perlu Menggunakan Serum.

Selain tanda kuit wajah butuh serum, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.