5 Rekomendasi Pelembab Tanpa Menyebabkan Jerawat
Ilustrasi minyak esensial yang bermanfaat sebagai pelembap non-comedogenic (Unplash/Kelly Sikkema)

Bagikan:

ACEH - Dermatologis menyarankan para pemilik kulit berminyak untuk tidak menggunakan skincare yang mengandung minyak, salah satu sebabnya untuk menghindari datangnya jerawat. Namun, ada beberapa pelembab tanpa menyebabkan jerawat yang memiliki tekstur dan berbahan minyak bersifat non-comedogenic.

Minyak non-cemedogenic memiliki kemampuan untuk membantu menjaga kulit tetap kenyal, tetapi pemilik kulit berminyak tetap bebas dari jerawat. Hal itu karena minyak tersebut tidak menyumbat pori-pori kulit.

Dengan kata lain, kulit tetap bisa bernapas, terhidrasi dengan cukup sehingga kulit wajah bebas jerawat. Beberapa minyak non-comedogenic bahkan bersifat anti-inflamasi. Minyak non-comedogenic, sering digunakan sebagai bahan dalam produk seperti pelembap dank rim kulit. Beberapa dapat dioleskan langsung, atau digunakan dengan minyak pembawa atau carrier oil.

Rekomendasi Pelembab Tanpa Menyebabkan Jerawat

1. Minyak biji anggur atau grapeseed

Minyak biji anggur bervariasi warnanya berdasarkan jenis anggur yang digunakan. Minyak ini tinggi mengandung anti oksidan, asam linoleat, dan vitamin E. Dikutip VOI dari Healthline, minyak biji anggur juga bermanfaat dalam perawatan luka.

2. Minyak biji bunga matahari

Sunflower seed oil, bertekstur ringan dan dapat digunakan secara efektif sebagai minyak carrier. Selain juga tinggi beta-karoten, vitamin , dan asam lemak yang baik untuk melindungi kulit. Sebuah studi tahun 2002 menunjukkan bahwa penggunaan topikal minyak biji bunga matahari efektif meningkatkan perlindungan pada kulit bayi.

3. Minyak nimba

Dikenal juga dengan neem oil, minyak nimbat baunya menyengat dan kaya akan anti oksidan. Dalam pengobatan Ayurveda dan Cina, minyak ini dipakai untuk anti bakteri dan anti jamur sehingga efektif untuk perawatan luka. Selain itu, juga dimanfaatkan sebagai obat jerawat.

4. Minyak biji rami

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, bisa memanfaatkan minyak biji rami. Minyak ini bersifat non-comedogenic sehingga tak menyebabkan jerawat. Di samping manfaat tersebut, minyak biji rami dapat mengurangi gejala dermatitis atopik dan mengandung vitamin C, E, serta asam lemak esensial.

5. Minyak almon

Minyak almond beraroma lembut dan teksturnya ringan yang kaya akan asam lemak. Sebuah studi menunjukkan bahwa pelembap yang mengandung minyak almond dapat secara efektif mengurangi dermatitis pada tangan. Bahkan, minyak almond juga baik mengurangi gejala psoriasis.

Artikel ini telah tayang dengan judul Melembapkan Kulit Wajah Tanpa Menyebabkan Jerawat, Ini 5 Rekomendasi Minyak Esensial Non-Comedogenic.

Selain pelembab tanpa menyebabkan jerawat, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.