6 Manfaat Jojoba Oil untuk Kulit
Ilustrasi (Dana Tentis/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Tren perawatan kulit terus berkembang. Berbagai skincare bermunculan untuk membuat kulit Anda semakin indah dan sehat. Jika Anda kurang cocok dengan produk kimia, cobalah gunakan berbagai bahan alami untuk merawat kulit. Salah satunya, ada manfaat jojoba oil untuk kulit yang bisa Anda dapatkan.

Secara sederhana, jenis minyak jojoba ini merupakan hasil panen dan ekstraksi dari tanaman jojoba. Biasanya tanaman ini tumbuh secara alami di kawasan gurun, misalnya pesisir barat Amerika dan Meksiko. Jika Anda baru mendengar atau mengenal minyak jojoba, berikut VOI paparkan beberapa manfaat minyak ini, dikutip dari Healthline.

Manfaat Jojoba Oil untuk Kulit yang Lebih Sehat

Fungsi melembabkan

Minyak jojoba adalah bahan humektan yang sangat baik. Minyak ini bekerja dengan menarik air ke lapisan atas kulit, membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Sehingga dapat membantu mencegah infeksi bakteri, jerawat, dan pembentukan komedo.

Mengandung antibakteri

Minyak jojoba mengandung sifat antimikroba dan antijamur. Hasil tes laboratorium menemukan bahwa minyak jojoba membunuh bakteri dan jamur tertentu yang dapat menyebabkan salmonella, infeksi E. coli, dan candida.

Kaya akan kandungan antioksidan

Minyak jojoba mengandung vitamin E alami. Vitamin ini bekerja sebagai antioksidan di kulit Anda. Artinya, minyak jojoba dapat membantu kulit Anda melawan stres oksidatif yang disebabkan oleh paparan polusi dan racun lainnya setiap hari.

Bahan non-comedogenic

Meskipun minyak jojoba adalah zat botani, tapi konsistensinya sangat mirip dengan sebum yang diproduksi secara alami oleh tubuh sehingga kulit tidak dapat membedakannya. Sehingga, kecil kemungkinan minyak menumpuk di kulit dan menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat.

Hipoalergenik

Tidak seperti minyak esensial nabati lainnya, minyak jojoba biasanya tidak menyebabkan iritasi. Reaksi alergi pun jarang terjadi saat menggunakan minyak jojoba.

Membantu penyembuhan luka

Minyak jojoba merupakan bahan yang tepat dalam merangsang penyembuhan luka. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa minyak jojoba mendorong sel-sel kulit untuk bersatu setelah dipisahkan oleh goresan atau luka.

Karena kemampuan ini, minyak jojoba pun dipercaya mengobati jerawat. Sifat penyembuhan luka ini dapat dihubungkan dengan konsentrasi vitamin E alami yang terkandung dalam minyak jojoba.