Dorong UMKM Santri Naik Kelas, Mendag Gandeng PBNU
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjalin kerja sama dengan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Yahya Cholil Staquf (Foto: Dok Kemendag)

Bagikan:

ACEH - Dorong UMKM santri naik kelas, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, menjalin kerja sama dengan Ketum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf. Kerja sema ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Kementerian Perdagangan dan PBNU di Hotel Meliá Purosani, Yogyakarta, Rabu, 10 Agustus 2022.

Nota kesepahaman tersebut mengatur soal sinergi pengembangan dan pemberdayaan ekonomi umat melalui usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“MoU ini merupakan sinergi untuk mengembangkan dan memberdayakan ekonomi umat. Salah satunya, agar UMKM santri naik kelas,” terang Zulkifli Hasan dalam keterangan tertulis, dikutip VOI pada Kamis, 11 Agustus.

UMKM Santri untuk Perekonomian Indonesia

Zulkifli mengatakan, UMKM adalah tulang punggung perekonomian yang perlu mendapat dukungan dari berbagai lini agar bisa naik kelas demi memperkuat perekonomian Indonesia. Dia mengatakan, pada 2021 UMKM berkontribusi secara dominan terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia dan menyerap banyak tenaga kerja.

“Dalam mendukung kemajuan UMKM, Kementerian Perdagangan memiliki berbagai fasilitas berupa program pembinaan, pelatihan, dan pendampingan untuk meningkatkan kapasitas SDM, kapasitas bisnis, dan akses pasar UMKM,” terangnya.

Demi memajukan UMKM, kata Zulkifli Hasan, Kementerian Perdangan punya sejumlah strategi. Pertama, mendukung percepatan digitalisasi dengan menargetkan seribu pasar dan satu juta pedagang UMKM, termasuk warung pangan di seluruh Indonesia.

Kedua, menyediakan ruang usaha dan/atau ruang promosi untuk pemasaran produk dalam negeri, paling sedikit 30 persen dari luas area pusat perbelanjaan.

"Ketiga, mendukung target program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) sehingga banyak UMKM bergabung platform digital," ujarnya.

Program Kenaikan Kelas UMKM 

Sebagai upaya mendorong UMKM naik kelas, lanjut Zulhas, Kementerian Perdagangan juga memfasilitasi pelaku UMKM melalui berbagai program yakni, bimbingan teknis pengembangan dan desain produk, pelatihan, serta pendampingan untuk menjadi UKM ekspor.

"Percepatan akses pasar melalui berbagai kegiatan promosi di dalam negeri dan luar negeri baik secara daring di lokapasar maupun secara luring; serta bantuan sarana perdagangan berupa perbaikan warung kelontong dan pesantren mart," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Gandeng PBNU, Mendag Zulhas Dorong UMKM Santri Naik Kelas.

Selain UMKM santri, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.