Kandungan Asam Salisilat untuk Hilangkan Ketombe di Kepala
Ilustrasi (Polina Tankilevitch/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Rambut akan terasa segar dan bersih, baik dari debu, kotoran, maupaun keringat, setelah kita keramas dengan sampo. Namun, kadang ketombe di rambut tak mudah hilang, bahkan setelah beberapa kali mengganti produk sampo. Anda perlu melihat kandungan yang ada di dalam sampo tersebut. kandungan asam salisilat untuk hilangkan ketombe bisa jadi jawaban. 

Perlu Anda ketahui bahwa beberapa sampo mengandung bahan yang menyebabkan penyumbatan pada kulit, seperti silikon dan sulfat, yang memicu beberapa masalah pada rambut. Beberapa masalah yang bisa dihasilkan adalah meninggalkan residu yang membatasi sirkulasi darah ke folikel rambut sehingga mencegah pertumbuhan rambut sehat dan kuat.

Kandungan Asam Salisilat untuk Hilangkan Ketombe Mengganggu

Nah, kandungan kandungan asam salisilat mungkin bisa menjadi solusi. Kandungan ini tak hanya ampuh melawan jerawat, tetapi juga berkhasiat baik untuk kesehatan rambut. Asam salisilat adalah sejenis exfoliant kimia yang disebut beta-hydroxy acid (BHA) yang membantu menghilangkan kelebihan minyak dan sel-sel mati dari permukaan kulit. 

BHA punya sifat larut dalam minyak. Dengan kata lain, BHA bisa menghilangkan minyak permukaan apa pun hingga yang terjauh di dalam pori-pori. Untuk alasan ini, asam salisilat adalah pilihan utama untuk memerangi jerawat dan minyak berlebih pada kulit.

Kulit kepala memiliki sifat yang sama dengan kulit wajah. Oleh sebab itu, asam salisilat bisa digunakan di kulit kepala terutama bagi yang rentan terhadap ketombe, dermatitis seboroik, dan minyak berlebih. 

Cara Menggunakan Sampo Mengandung Asam Salisilat

Tips perawatan rambut dengan sampo asam salisilat sama saja dengan penggunaan sampo konvensional lainnya, tergantung dengan preferensi dan kebutuhan. Untuk gangguan kulit kepala seperti dermatitis seboroik dan psoriasis, disarankan menggunakan sampo berbahan dasar asam salisilat dan serum topikal. Gunakan satu hingga tiga kali seminggu, tergantung pada masalah kulit kepala dan seberapa sering Anda mencuci rambut.

Selain itu, gunakan juga scrub khusus untuk kulit kepala. Tidak seperti scrub wajah, scrub kulit kepala diformulasikan dengan tekstur yang lebih halus sehingga cocok dipakai di kulit kepala. Terakhir, setelah menggunakan scrub oleskan kulit kepala dengan cairan serum khusus yang berfungsi meningkatkan kesehatan kulit kepala dan mengatasi masalah kulit kepala sesuai dengan yang dialami.