Gelombang Tinggi 3 Meter Terjadi di Selat Malaka Aceh, BMKG Imbau Nelayan dan Warga Waspada
Dokumentasi - Nelayan tradisional melewati gelombang perairan Selat Malaka, kawasan Ujong Blang, Lhokseumawe, Aceh/ANTARA

Bagikan:

ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan para nelayan dan masyarakat di pesisir mengenai gelombang tinggi di perairan Selat Malaka, Provinsi Aceh. Ketinggian gelombang di perairan tersebut diprakirakan mencapai tiga meter.

"Nelayan diminta mewaspadai potensi gelombang tinggi yang diperkirakan mencapai tiga meter dalam dua hari ke depan di perairan Selat Malaka," terang Wiwit Nitasari, prakirawan BMKG Stasiun Malikussaleh di Lhokseumawe, Senin, 1 Agustus, dikutip VOI dari Antara.

Gelombang Tinggi di Selat Malaka Aceh

Dia menjelaskan, gelombang laut tiga meter di Selat Malaka berada di wilayah yang berjarak sekitar 20 km dari bibir pantai. Sementara, ketinggian gelombang laut yang ada di wilayah dengan jarak kurang dari 20 km adalah 2,5 meter.

Berdasarkan pengamatan satelit, terang Wiwit, terjadi pembelokan arah angin di pesisir perairan Selat Malaka yang meliputi wilayah Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Utara, dan sekitarnya. Hal tersebut bisa membentuk pertumbuhan awan sehingga berpotensi munculnya angin kencang dan gelombang tinggi laut.

Pembentukan angin yang berpotensi hujan ringan hingga sedang di musim kemarau itu juga berdampak terhadap wilayah pegunungan yang bisa berpotensi terjadinya longsor dan pohon tumbang.

"Para nelayan maupun aktivitas pelayaran lainnya, baik kapal tradisional maupun kapal tongkang agar terus memantau kondisi cuaca. Jangan memaksa berlayar jika cuaca tidak memungkinkan," kata Wiwit Nitasari.

Prakiraan Cuaca Aceh 

Terkait prakiraan cuaca dua hari ke depan di sepanjang pesisir wilayah timur Provinsi Aceh, Wiwit Nitasari mengatakan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, terutama pada sore hari.

Adapun wilayah berpotensi hujan meliputi Kabupaten Bireuen, Kabupaten Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa, dan Kabupaten Aceh Tamiang.

"Sementara untuk wilayah pegunungan meliputi Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah berpotensi hujan sedang hingga lebat," kata Wiwit Nitasari.

Artikel ini telah tayang dengan judul 2 Hari ke Depan, BMKG Prakirakan Gelombang 3 Meter Terjadi di Perairan Selat Malaka Aceh.

Selain gelombang tinggi di Selat Malaka, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.