6 Manfaat Sorgum untuk Kesehatan dan Diet
Manfaat Konsumsi Sorgum bagi Kesehatan Tubuh (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Salah satu bahan pangan alternatif beras adalah sorgum yang punya nilai gizi tinggi. Sorgum mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin B, magnesium, flavonoid, asam fenolik, dan tanin. Tak heran jika manfaat sorgum untuk kesehatan cukup banyak.

Konsumsi sorgum secara rutin bisa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh. Jika Anda masih asing dengan tanaman yang kuat di lahan kering ini, pasti manfaatnya pun belum terlalu tahu, kan? Nah, dikutip VOI dari Webmd, ada beberapa manfaat kesehatan dari sorgum yang perlu Anda ketahui.

Berbagai Manfaat Sorgum untuk Kesehatan Tubuh

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Sejumlah senyawa fenolik yang ada pada sorgum terbukti memiliki efek anti-kanker. Tanin, yang berfungsi sebagai zat penyusun pigmen pada sorgum bisa menghambat enzim yang berhubungan dengan perkembangan kanker payudara.

Sementara, asam fenolat dalam cantel yang berupa 3-Deoxyanthocyanidins (3-DXA) bermanfaat dalam menghancurkan sel-sel kanker pada tubuh manusia. Selain itu, jenis asam fenolat ini berpotensi mengurangi risiko kanker usus. Namun, asam fenolat ini umumnya hanya terdapat pada sorgum berwarna hitam.

Menurunkan berat badan

Sorgum adalah salah satu rekomendasi bahan pangan bagi Anda yang sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan. Dibandingkan dengan jenis biji-bijian yang lain, kandungan pati dalam sorgum lebih lambat dicerna oleh tubuh. Dengan kata lain, konsumsi sorgum membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga kalori dalam tubuh pun terjaga. 

Mengatasi peradangan

Tak kalah penting, sorgum ternyata memiliki manfaat dalam membantu proses penyembuhan luka dan mengatasi peradangan yang diakibatkan oleh luka. Komponen polifenol pada sorgum,yang tak lain adalah asam fenolat, merupakan agen anti-inflamasi yang dapat mengatasi peradangan pada tubuh.

Menstabilkan gula darah

Tinjauan sistematis yang sama yang mengaitkan sorgum dengan pengurangan peradangan juga menemukan bahwa konsumsi sorgum dapat menstabilkan glukosa darah. Sorgum sulit terurai saat dicerna sehingga tidak cepat dilepas menjadi glukosa. Untuk itu, sorgum dapat dikatakan aman dimakan oleh penderita diabetes karena bermanfaat dalam mengontrol kadar gula darah agar tetap normal.

Mengatasi penyakit celiac dan intoleransi gluten

Orang dengan penyakit celiac dan yang sensitif terhadap gluten harus menghindari gluten sama sekali. Oleh karena itu, protein gluten yang ditemukan dalam gandum, rye, dan barley, membuat biji-bijian ini tidak layak untuk dikonsumsi para penderita. Untungnya, tepung sorgum bisa dikonsumsi sebagai pengganti karena sorgum bebas gluten.

Membantu mengatur tekanan darah

Untuk mengatur tekanan darah, tubuh terus-menerus berusaha menjaga keseimbangan kalium dan natrium. Sayangnya, kebanyakan makanan saat ini mengandung natrium tinggi dan terlalu rendah kalium. Mengganti pati natrium tinggi yang diproses seperti pasta kemasan dan nasi dengan biji-bijian seperti sorgum akan membantu meningkatkan asupan kalium dan menurunkan asupan natrium yang dapat membantu menjaga tekanan darah lebih baik.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mengandung Gizi Tinggi, Berikut 6 Manfaat Konsumsi Sorgum bagi Kesehatan Tubuh.

Selain manfaat sorgum untuk kesehatan, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.