Dampak Kecemburuan dalam Hubungan Asmara, Tidak Selamanya Bersifat Buruk
Ilustrasi kecemburuan yang merusak hubungan dengan pasangan (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Kecemburuan adalah emosi yang kompleks, baik pada perempuan maupun pria. Ada dampak kecemburuan pada hubungan asmara. Hal ini kadang telah dirasakan, tetapi seseorang mencoba mengabaikannya.

Berdasarkan studi secara psikologis, pria cenderung cemburu terhadap perselingkuhan seksual. Sementara, perempuan cenderung cemburu terhadap perselingkuhan emosional.

BACA JUGA:


Pada satu sisi, kecemburuan bisa bersifat membangun karena simbol cinta dan hasrat. Tetapi juga bisa merusak hubungan karena menyimbolkan kerapuhan stabilitas dan koneksi. Dikutip VOI dari Psychology Today, dalam Why Jealousy Is as Necessary as Love and Sex oleh David Buzz, disebtukan bahwa pria dan perempuan diprogram untuk cemburu sebagai solusi masalah reproduksi dan kelangsungan hidup.

Melalui cemburu, pria menjaga pasangannya dari aktivitas seksual dengan saingan untuk tujuan kepemilikan keturunan. Perempuan, menjaga perhatian dan cinta pria dari saingan untuk memastikan perlindungan dan kelangsungan hidup. Lalu, kapan kecemburuan menjadi sesuatu yang beracun dan bisa merusak hubungan?

Dampak Kecemburuan pada Hubungan Asmara

Kecemburuan mengaduk-aduk emosi. Secara spesifik, kecemburuan akan membuat seseorang menjadi lebih waspada, obsesif, dan bersikap posesif. Menurut psikolog, Suzanne B. Phillips, cemburu menyebabkan pasangan tidak hidup bebas dan sehat.

Jika tidak memiliki kebebasan untuk memilih bersama Anda, misalnya, artinya pasangan akan seperti seorang tahanan. Ini juga tidak akan menyelesaikan masalah. Rasa cemburu bahkan semakin berpijar dan membakar landasan hubungan paling penting, yaitu rasa saling percaya.

Hubungan yang dibangun di atas rasa takut kehilangan, mungkin juga menomor-sekiankan rasa cinta. Efeknya, kebahagiaan yang nyata tak dirasakan setiap orang yang berpasangan.

Kecemburuan untuk Membangun

Seperti koin dengan dua penampang. Kecemburuan juga bisa membangun ketika Anda dan pasangan lebih banyak berinteraksi dan saling terbuka. Nah, kecemburuan yang konstruktif ini didorong oleh koneksi dan kepercayaan diri. Phillips menyarankan, kurangi kecemburuan yang merusak dan bangunlah kecemburuan yang membangun. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengembangkan kepercayaan dan memanfaatkan kekuatan sentuhan.

Kekuatan sentuhan, menurut penelitian, bisa menenangkan, mengatur, dan mengurangi perasaan cemburu pada pasangan. Contoh sentuhan antara lain menggenggam tangan pasangan, memeluk, atau mengirimkan pesan berisi perhatian-perhatian kecil.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kecemburuan Bisa Jadi Racun Perusak Hubungan dengan Pasangan, Begini Faktanya Menurut Ahli.

Selain dampak kecemburuan dalam hubungan asmara, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.

Terkait