Gelombang di Selat Malaka Aceh Diprakirakan Aman untuk Kegiatan Nelayan Selama 3 Hari
Dokumentasi - Kapal motor nelayan di Pelabuhan Idi, Aceh Timur. ANTARA/Hayaturahmah

Bagikan:

ACEH - Gelombang di Selat Malaka aman untuk aktivitas pelayaran dan kegiatan para nelayan selama beberapa hari. Hal tersebut disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Malikussaleh Aceh Utara.

Prakirawan BMKG Stasiun Malikussaleh Aceh Utara, Kharendra Muiz, menjelaskan cuaca di perairan Selat Malaka wilayah timur Provinsi Aceh diprakirakan cerah berawan untuk tiga hari terhitung mulai hari ini.

"Potensi gelombang laut pesisir timur Aceh, perairan Selat Malaka, untuk tiga hari ke depan terpantau aman untuk kegiatan nelayan dan pelayaran," terang Kharendra di Lhokseumawe, Aceh, dikutip VOI dari Antara, Senin 18 Juli.

Prakiraan Cuaca Bagian Timur Aceh

Kharendra menjelaskan, berdasarkan pantauan cuaca, di bagian timur Aceh cenderung cerah hingga cerah berawan dengan suhu antara 30 hingga 32 derajat Celcius.

"Suhu hingga 32 derajat celcius pada dasarnya dalam kondisi normal saat musim kemarau, namun karena minimnya tutupan awan mengakibatkan cuaca panas terik yang terjadi sepanjang hari," terang Kharendra.

Cuaca cerah dan cerah berawan terjadi di sepanjang pesisir timur Aceh meliputi Kabupaten Bireuen, Kabupaten Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa, dan Kabupaten Aceh Tamiang.

Sementara, beberapa wilayah yang berbatasan langsung dengan dataran tinggi, seperti Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah, berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang saat sore hari.

Masyarakat dan Korporasi Diimbau Tidak Bahar Lahan

Dengan suhu 32 derajat celsius tersebut, Kharendra mengimbau masyarakat lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan. Sebab, jika di luar maka bisa menyebabkan terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

"Kami juga mengingatkan masyarakat maupun korporasi tidak membakar lahan karena suhu terpantau pada kisaran 30 hingga 32 derajat celcius yang dapat memicu titik panas dan kebakaran lahan," tandasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul BMKG Perkirakan Perairan Selat Malaka Aman untuk Nelayan Selama 3 Hari ke Depan.

Selain gelombang di Selat Malaka, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.