Tingkat Efektivitas Makanan Berprotein untuk Diet Penurunan Berat Badan
Ilustrasi protein menurunkan berat badan (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Ada banyak program diet yang bisa dipilih untuk menurunkan berat badan. Program diet berhubungan dengan efektivitas pola makan yang tepat terhadap penurunan berat badan serta memastikan fungsi tubuh bekerja normal. Salah satu hal dibahas terkait hal tersebut adalah efektivitas makanan berprotein untuk diet. 

Protein termasuk dalam makronutrien. Protein punya peran penting terhadap kesehatan dan fungsi tubuh. Dikutip VOI dari Live Science, studi menunjukkan bahwa mengonsumsi protein bisa membantu seseorang merasa kenyang lebih lama.

Efektivitas Makanan Berprotein untuk Diet

Jinan Banna, ahli gizi dan pendiri Jinan Banna, mengatakan bahwa kenyang lebih lama memungkinkan seseorang untuk menghindari konsumsi makanan secara berlebihan. Makanan berprotein juga bisa membantu menjaga massa otot.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Frontiers Endocrinology, menunjukkan bahwa diet tinggi protein bisa membantu seseorang merasa kenyang lebih lama, menggunakan lebih banyak energi, menciptakan massa otot tanpa lemak, dan mempertahankan penurunan berat badan untuk waktu yang lebih lama.

Dalam penelitian lain, diterbitkan di The American Sournal of Clinical Nutrition, para peneliti menemukan bahwa diet protein tinggi bisa menyebabkan pengeluaran energi yang lebih tinggi. Hal ini akan menyebabkan terjadinya penurunan berat badan yang lebih banyak. 

Studi ini juga menjelaskan, dengan jumlah kalori yang sama tetapi dari diet yang berbeda bisa menimbulkan respons yang berbeda dalam metabolisme energi. Oleh sebab itu, protein menjadi fokus studi sebab dianggap lebih efektif membantu menurunkan berat badan.

Hubungan Protein dengan Program Diet

Ketika Anda mengonsumsi jumlah kalori yang sama antara menu makanan biasa dengan kalori yang berasal dari protein, Anda mungkin menggunakan lebih banyak energi dari protein. Dengan demikian penurunan berat badan lebih mungkin terjadi.

Studi lain yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menemukan bahwa orang cenderung makan lebih sedikit makanan ringan di antara waktu makan ketika mengikuti diet protein tinggi. Selain itu, tubuh merasa lebih sulit untuk menyimpan protein sebagai lemak—jadi, dengan mengonsumsi makanan dengan lebih banyak protein, Anda mungkin menemukan bahwa tubuh Anda menyimpan lebih sedikit lemak dari waktu ke waktu.

Karena tidak ada jumlah pasti yang direkomendasikan untuk menurunkan berat badan, tetapi rata-rata bisa mengkonsumsi 1,8-2,9 gram protein setiap hari. Tetapi, saran Banna, Anda harus membuat menu lebih variatif. Makanan tinggi protein tak melulu hewani, tetapi harus dikombinasikan dengan makanan protein nabati. Misalnya, selain mengkonsumsi ikan dengan omega-3 atau daging, Anda perlu mengonsumsi sumber protein nabati seperti buah-buahan, kacang-kacangan, dan tahu.