Ikuti KTT Khusus ASEAN-AS, Jokowi Bertemu Joe Biden Hari Ini
Presiden Jokowi berikan keterangan pers di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Selasa (10/5/2022) sebelum keberangkatan ke AS (tangkapan layar)

Bagikan:

ACEH - Pagi ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) terbang ke Washington D.C., Amerika Serikat (AS), untuk mengikuti pertemuan ASEAN-US Special Summit (KTT Khusus ASEAN-AS) yang berlangsung selama dua hari.

“Adapun rangkaian yang akan saya hadiri, antara lain pertemuan dengan anggota kongres, pertemuan dengan para CEO besar dari Amerika (Serikat), dan juga pertemuan dengan Wapres Harris (Kamala Harris, Red) dan tim perubahan iklim Amerika Serikat,” kata Jokowi sebelum keberangkatan ke Washington, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa 10 Mei, dikutip VOI.

Harapan terhadap KTT Khusus ASEAN-AS

Dalam KTT Khusus ASEAN-AS Jokowi juga akan menghadiri pertemuan tingkat tinggi pemimpin ASEAN dan Presiden AS, Joe Biden. Presiden Jokowi mengatakan bahwa saat ini Indonesia menjadi koordinator kemitraan ASEAN-AS periode 2021--2024.

Indonesia berharap KTT Khusus ASEAN-AS ini akan menghasilkan kerja sama yang bisa berkontribusi terhadap perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan.

"Dengan ASEAN Outlook On the IndoPacific, ASEAN siap bersinergi dengan seluruh negara mitra ASEAN termasuk AS dalam mengembangkan kerja sama yang konkret, inklusif dan saling menguntungkan. Kita memiliki tanggung jawab menjadikan Indo-Pacific sebagai kawasan yang damai, stabil dan sejahtera,” ujar Presiden.

Presiden akan kembali dari Washington, AS setelah rangkaian pertemuan selesai pada 13 Mei 2022, dan dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Minggu, 15 Mei 2022.

Artikel ini telah tayang dengan judul Presiden Jokowi ke Washington DC Hadiri KTT Khusus ASEAN-AS.

 

Selain KTT Khusus ASEAN-AS, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.