5 Tips Tidak Menjadi People Pleaser Demi Kesehatan Mental
Ilustrasi pentingnya membangun batasan agar tak dicap people pleaser (Unsplash/Kirill Balobanov)

Bagikan:

ACEH - People pleaser merupakan sebutan bagi orang-orang yang memiliki sikap lebih memprioritaskan orang lain daripada dirinya sendiri, bahkan jika itu merugikan dirinya. Terkadang, orang seperti ini bisa sampai mengesampingkan kebutuhannya sendiri demi mengutamakan orang lain. Hal ini bisa mengganggu kesehatan mental. Oleh sebab itu, tips tidak menjadi people pleaser perlu diketahui.

Menurut Whitney Casares, penulis The Working Mom Blueprint: Winning at Parenting Without Losing Yourself, ada alasan kenapa seseorang perlu punya batasan. Salah satu tujuan dari batasan tersebut supaya kebutuhan pribadi tidak terabaikan karena kepentingan orang lainBerikut VOI sampaikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Batasan dan Tips Tidak Menjadi People Pleaser

1. Rencana orang lain tak selalu sesuai kondisi kita

Rencana idealnya dibuat berdasarkan kesepakatan. Anda boleh mengutarakan pendapat agar rencana bisa dikerjakan bersama dan sesuai dengan kondisi Anda secara personal.

Hal paling sederhana, ketika seorang teman menjadwalkan makan bersama di restoran seafood, sedangkan Anda alergi bahan makanan laut. Artinya, Anda berhak menolak atau memberikan usulan tanpa takut membuat rekan Anda yang suka seafood merasa kecewa.

2. Anda berhak merasa tenang dalam menjalankan prioritas

Seorang people pleaser tidak akan pernah bisa merasa tenang karena akan selalu ada orang yang kesal atau api yang harus dipadamkan. Dan mereka harus menjadi orang yang melakukannya. Anda berhak merasa tenang menjalankan prioritas Anda sendiri. Bahkan, tak perlu cemas terus-terusan karena harus memastikan orang lain merasa baik.

3. Menghindari kelelahan tanpa tahu alasannya

Setiap orang merasakan lelah, bukan? Rasa ini membutuhkan istirahat, tetapi banyak faktor yang memicunya. Salah satunya karena terus-menerus memenuhi kebutuhan orang lain dan menempatkan kebutuhan sendiri belakangan. Efeknya, akan merasakan lelah tanpa disadari alasannya.

4. Batasan untuk membatasi kesempatan dimanipulasi

Orang manipulatif kerap memanfaatkan orang lain untuk tujuan personal. Supaya tak dimanfaatkan, Anda perlu membangun batasan. Jangan enggan menolak atau mengatakan tidak.

5. Melihat dengan jernih hal yang diinginkan atau dibutuhkan

Tidak setiap hal yang diinginkan akan dibutuhkan. Maka dengan membangun batasan, Anda akan lebih detail menimbang mana yang memang betul-betul diperlukan. Sehingga tahu mana yang prioritas atau harus didahulukan dan mana yang bisa diabaikan.

Artike ini telah tayang dengan judul Biar Enggak Dicap People Pleaser, Ini 5 Alasan Penting Membangun Batasan.

Selain tips tidak menjadi people pleaser, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.

Terkait