Kapolri Siapkan Pengalawan Pemudik di Sumatra untuk Amankan dari Pembegal
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto via Antara)

Bagikan:

ACEH - Beberapa waktu lalu Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menyampaikan bahwa pihaknya menyiagakan tim atau satuan tugas (satgas) untuk melakukan pengawalan pemudik di wilayah-wilayah rawan begal ketika melakukan perjalanan di Sumatra.

"Hari ini, Selasa (26/4) dipaparkan oleh wilayah Polda Banten dan Lampung bahwa di wilayah Lampung sudah disiapkan tim atau satgas yang khusus untuk mengawal terkait kemungkinan terjadinya aksi-aksi begal," terang Listyo di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa 26 April, dikutip VOI dari Antara.

Pengawalan Pemudik pada Jam Rawan

Dia menjelaskan, kehadiran tim tersebut diharapkan membuat masyarakat tidak takut untuk melakukan mudik, termasuk saat jam rawan. Polri akan mempersiapkan tim pengawalan untuk mengamankan para pemudik.

"Dengan demikian masyarakat yang akan mudik, khususnya di waktu-waktu jam rawan, ada satgas yang siap untuk mengawal sehingga masyarakat bisa mudik dan selamat sampai di rumah," terangnya.

Dia menambahkan, tentunya hal-hal ini yang bisa dibantu untuk disosialisasikan sehingga pilihan masyarakat untuk mudik baik siang ataupun malam semuanya mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang sama sehingga betul-betul bisa mengurai potensi kemacetan saat arus mudik Lebaran 2022.

Pemudik di Merak-Bakauheni

Sebelumnya berdasarkan data yang dirilis ASDP Cabang Merak hingga H-7 Lebaran 2022 jumlah penumpang yang menyeberang dari Merak ke Bakauheni tercatat 44.281 orang.

Jumlah tersebut terdiri atas penumpang pejalan kaki sebanyak 2.054 orang dan penumpang di dalam kendaraan 42.227 orang, sedangkan kendaraan yang menyeberang dari Merak ke Bakauheni tercatat sebanyak 9.837 kendaraan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kapolri: Ada Tim Khusus Kawal Pemudik di Wilayah Rawan Begal Jalur Sumatera.

Selain pengawalan pemudik, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.