Alasan Puasa Menyehatkan Tubuh, Bukan Sekadar Menahan Lapar
Ilustrasi (Roman Odintsov/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa puasa menyehatkan tubuh. Namun, tahukah Anda alasan dari hal tersebut? Puasa membuat kita tidak makan dan minum dalam jangka waktu tertentu, tetapi kenapa membuat tubuh sehat?

Dikutip VOI dari Popbela, banyak makanan mengandung berbagai zat yang menjadi racun bagi tubuh. Saat orang berpuasa, pembakaran lemak menjadi lebih banyak dibanding hari biasa sehingga zat beracun di dalam tubuh bisa keluar. Proses ini disebut sebagai detoksifikasi tubuh.

Beberapa Alasan Puasa Menyehatkan Tubuh

Temuan peneliti juga menunjukkan bahwa puasa mampu meningkatkan kinerja otot jantung, mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, dan meningkatkan pertumbuhan pembuluh darah di jantung. Sehingga risiko penyakit jantung bisa diminimalisir.

Puasa juga dinilai sehat karena mampu menurunkan tekanan darah. Sebagian besar orang yang menjalankan ibadah puasa mengalami penurunan tekanan darah cukup signifikan karena penurunan asupan garam serta hilangnya garam dalam tubuh melalui urin.

Puasa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh pun bisa meningkat jika Anda berpuasa. Karena berkurangnya radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Jika radikal bebas berkurang, tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan lebih baik. 

Itulah alasan mengapa menjalankan puasa dinilai baik bagi kesehatan tubuh. Selain mendapat pahala karena menjalankan perintah agama, Anda juga dapat manfaat baik dari sisi kesehatan.