Berita Aceh Terkini: Kasus COVID-19 Aceh Turun, Kasus Kematian Masih Ada
Kapolda Aceh Irjen Ahmad Haydar menyerahkan sembako kepada penerima manfaat dalam kegiatan vaksinasi penguat presisi polda, Kemenag dan PWNU Aceh di Banda Aceh. (ANTARA/Khalis Surry)

Bagikan:

ACEH - Kapolda Aceh, Irjen Ahmad Haydar, mengimbau masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan (prokes) meski kasus COVID-19 di Provinsi Aceh terus mengalami penurunan. 

“Memang untuk angka positif kita sudah menurun, tapi untuk tingkat kematian kita masih mengkhawatirkan,” terang Ahmad di Banda Aceh, Kamis, 21 April, dikutip VOI.

Pentingnya Disiplin Prokes 

Dia menyampaikan, pandemi COVID-19 belum berakhir sehingga penerapan prokes tetap menjadi kewajiban warga dalam kegiatan sehari-hari. Terlebih lagi, masih ada masyarakat di Indonesia yang meninggal akibat infeksi COVID-19.

“Setiap hari masih ada yang meninggal karena kena COVID-19 sehingga saya berharap kepada seluruh warga Aceh tetap menjaga protokol kesehatan,” katanya.

Dia menerangkan, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sudah menjadi kewajiban warga. Selain itu, warga mesti melengkapi diri dengan vaksin COVID-1 dosis lengkap sebagai ikhtiar agar terhindar dari infeksi virus corona dan meminimalisasi angka kematian akibat COVID-19.

“Karena tingkat kematian untuk di Aceh ini cukup lumayan,” kata dia.

Tekan Angka Kasus COVID-19 dengan Vaksinasi

Polda Aceh beserta jajaran terus mempercepat peningkatan vaksinasi di provinsi paling barat Indonesia itu, terutama vaksin dosis penguat.

“Perlu diketahui bahwa COVID-19 belum usai, jadi perlu kehati-hatian dan waspada semua pihak, agar tidak terpapar penyebaran virus,” katanya.

Pemerintah Aceh menargetkan lebih dari empat juta jiwa warga menerima vaksin COVID-19.

Saat ini, kata dia, capaian vaksinasi dosis satu di Aceh 99,15 persen, dosis kedua 72,38 persen, dan dosis penguat 10,59 persen dari total sasaran.

Menurut data COVID-19 Aceh di Dinas Kesehatan Aceh hingga Kamis, secara akumulatif kasus COVID-19 mencapai 43.686 orang, di antaranya yang telah sembuh 41.395 orang, meninggal dunia 2.212 orang, dan masih dirawat atau isolasi mandiri 79 orang.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kapolda Aceh Irjen Haydar: Setiap Hari Masih Ada yang Meninggal karena COVID-19.

Selain kasus COVID-19, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.