10 Sayuran Cocok dengan Bumbu Kacang untuk Membuat Kuliner Nusantara
Ilustrasi jenis sayuran disajikan dengan bumbu kacang (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Indonesia memiliki banyak kuliner yang disajikan dengan bumbu kacang. Biasanya, kuliner ini memiliki bahan pokok sayuran. Beberapa contoh kuliner nusantara itu adalah pecel, ketoprak, gado-gado, lotek, dan karedok. Jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah, pilihlah sayuran cocok dengan bumbu kacang.

Beberapa jenis sayuran tersebut perlu dikukus atau direbus terlebih dahulu, tetapi ada pula yang bisa dipadukan dengan bumbu kacang dalam keadaan mentah. Berikut ini VOI paparkan beberapa jenis sayuran yang bisa anda padukan dengan bumbu kacang untuk menu makanan. 

Jenis Sayuran Cocok dengan Bumbu Kacang

1. Kacang panjang

Hampir semua jenis masakan dengan sambal kacang, menggunakan kacang panjang sebagai salah satu bahan sayurannya. Bedanya, untuk karedok kacang panjang mentah dipotong. Tetapi untuk pecel dan lotek umumnya direbus setengah matang setelah dipotong  sepanjang dua ruas jari.

2. Kecambah dan taoge

Nah, lebih unik lagi biji yang bertunas baik dari kacang hijau sehingga jadi kecambah ataupun taoge, dipakai untuk semua jenis olahan dengan sambal kacang. Mulai dari pecel yang ditaburkan kecambah segar bersama daun kemangi, hingga lotek dengan taoge bermandikan bumbu kacang.

3. Kangkung

Kangkung merupakan tanaman yang bisa tumbuh di tanah gembur. Biasanya ditanam di pematang sawah. Sayuran ini, selain populer diolah dengan ditumis, bisa menjadi sayuran yang cocok disandingkan dengan bumbu kacang.

4. Daun kenikir

Bunga tumbuhan kenikir, kerap dimanfaatkan sebagai pewarna alami. Baik untuk pewarnaan benang atau kain dengan teknik ecoprint. Daunnya yang masih muda, bisa dipetik dan direbus untuk pecel. Agar lengkap dan tekstur yang kaya, Anda bisa menyandingkan kenikir dengan kacang panjang dan taoge.

5. Bayam

Bayam bisa dioleh menjadi berbagai hidangan, termasuk sayur bening. Selain itu, bayam juga tak jarang direbus untuk disandingkan dengan sambal kacang.

6. Daun singkong

Dipercaya mengandung tinggi zat besi, daun singkong selain bisa dimasak menjadi segar nan gurihnya sayur bobor. Bisa juga direbus dan dimandikan dengan bumbu kacang yang sudah dicairkan.

7. Kubis

Jenis sayuran selanjutnya yang cocok disajikan dengan sambal kacang, ialah kubis. Anda bisa menyandingkannya dipotong kotak atau memanjang. Umumnya, kubis dipotong panjang dipakai salah satu sayuran dalam karedok.

8. Mentimun

Mentimun kerap ditemui dalam berbagai jenis kuliner nusantara. Aroma mentimun memendarkan kesegaran, biasanya sayuran ini dipakai untuk lalapan. Namun, ada pula kuliner yang menjadikannya sebagai salah satu dari bahan utama. 

9. Bunga turi

Dikenal dengan kembang turi, tanaman ini berbunga putih dengan tinggi lebih dari 1 meter. Bunga turi tidak memiliki rasa yang tajam, tetapi serbuk sarinya harus dibuang agar tidak terlalu pahit. Cara mengolahnya, cukup direbus sebentar saja sebelum disajikan.

10. Sawi putih

Biar hidangan bumbu kacang Anda semakin kaya rasa atau variasinya, bisa juga menggunakan sawi putih. Sawi putih bisa direbus sebelum dihidangkan. Kemudian agar warnanya tidak pucat, lengkapi hidangan dengan kacang panjang dan kemangi supaya lebih beraroma.

Artikel ini telah tayang dengan judul Dikukus atau Direbus, 10 Jenis Sayuran Ini Cocok Disajikan dengan Bumbu Kacang.

Selain sayuran cocok dengan bumbu kacang, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.